Skip to main content

PULAU GILI TRAWANGAN, LOMBOK / GILI TRAWANGAN ISLAND, LOMBOK INDONESIA


PULAU GILI TRAWANGAN, LOMBOK / GILI TRAWANGAN ISLAND, LOMBOK INDONESIA 

 



Wisata Lombok - Ucapan dan Decak kekaguman akan mengalir dan ramai kita dengar ketika kita membahas eksotisme-eksotisme alam Indonesia di bagian timur. Selain Pulau Dewata Bali, salah satu tujuan wisata favorite incaran para wisatawan mancanegara adalah Gili Trawangan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sebuah Pulau kecil yang masuk dalam kawasan pemerintahan Desa Gili Indah, Kab Lombok Utara ini memiliki berjuta pesona, mulai dari keindahan alam bawah laut dengan karang yang begitu indah hingga penduduknya yang begitu ramah. Jika Anda belum pernah ke sana, berikut alasan langkap tentang Keindahan Wisata Gili Trawangan :
Gili Trawangan adalah sebuah pulau yang terkesan unik untuk para pengunjung, tidak ada aktifitas kendaraan bermotor yang hingar bingar di pulau ini, satu-satunya transportasi umum yang boleh beroperasi di pulau ini adalah kereta kuda / andong yang dalam bahasa Sasak Lombok disebut sebagai Cidomo. Selain transportasi Cidomo, untuk sekedar berkeliling pulau dan menikmati keindahan pesisir pantai sekitar Gili Grawangan anda bisa menyewa sepeda dengan modal Rp. 50.000 per hari dan dipakai sepuasnya. Untuk mengelilingi pulau dengan sepeda santai, anda hanya menghabiskan waktu sekitar 1.5jam. Jangan membayangkan sebuah jalanan yang beraspal di sini, jalanan utama di ruas ruas jalan seluruh pulau masih berupa jalanan tanah dan pasri pantai, walaupun di beberapa ruas jalan utama menuju perhotelan atau restauran sudah dipasangi pengeras sejenis paving block oleh pemilik usahanya.

 

Gili Trawangan lebih banyak dikenal sebagai Party Island atau pulau tempat berpesta, mungkin penamaan ini diambil dari begitu banyaknya cafe, bar dan restaurant yang memang beraktifitas sampai larut malam. Sejatinya, Gili Trawangan tidak hanya sebagai tempat berpesta dan hura hura, banyak sudut sudut lainnya yang menawarkan nuansa yang berbeda atau bahkan bertolak belakang dengan kesan party yang sering kita dengar, keheningan alam, ketenangan dan juga keindahan alam di pesisir pantai maupun panorama bawah lautnya akan anda temui setelah berada ditempat ini. So, definisi Party Island yang sering disebut oleh orang banyak untuk Gili Trawangan sepertinya tidak terlalu tepat.

 
Gili Trawangan adalah sebuah pulau yang romantis, sebuah tempat yang jauh dari suara mesin kendaraan, sebuah tempat dimana anda bisa menikmati panorama matahari tenggelam atau matahari terbit di pagi harinya. Duduk bersama orang yang disayang di lokasi Sunset View Trawangan pada sore harinya banyak dilakukan oleh para wisatawan dengan kepuasan tersendiri karena pemandangan dan nuansa nya yang memang fantastik. Pulau kecil ini adalah tempat yang cocok untuk anda melarikan diri sejenak dari rutinitas dan penat sehari hari dari semrawutnya kota besar, macetnya jalanan dan bisingnya pabrik-pabrik di ibukota. Sekedar duduk di pinggir pantai sampai larut malam ditemani secangkir kopi hangat atau minuman lain, sambil membaca buku atau sambil menyaksikan pemutaran film film keren di layar besar yang dipersiapkan oleh cafe cafe pinggir pantainya, sebuah tempat yang sangat pas untuk berlibur dan doing nothings.

 

Aktifitas lain yang bisa anda lakukan di Gili T selain bersantai adalah bersnorkeling dan diving, atau menikmati keindahan bawah laut Gili Trawangan dengan glass bottom boat. Beberapa aktifitas tersebut tentunya menjadi aktifitas primadona para wisatawan disini. Dengan mudah anda akan menemukan tempat tempat penyewaan alat snorkeling dengan harga yang terjangkau dengan budget liburan anda, sedangkan untuk diving, Gili Trawangan merupakan surga-nya para divers. Pulau indah ini hampir dipenuhi oleh penyedia usaha diving dan pelatihan menyelam dengan sertifikasi internasional ataupun just for fun. Beberapa penyedia aktifitas diving yang ternama di pulau ini antaranya adalah Manta Dive, Blue Marlin dan Lutawala Dive. Pesona bawah laut pantai di sekitarnya dengan ribuan variasi ikan-ikannya merupakan spot terbaik yang ada di pulau Lombok.


Gili Trawangan terkenal dengan kenyamanan dan keamanannya, walaupun tanpa polisi, sistem keamanan di pulau kecil ini dikelola secara profesional oleh warga setempat. Jika ditemukan seseorang melakukan kejahatan, pencurian, atau aktifitas nyata lain yang menggangu secara langsung kenyamanan pengunjung, maka satgas atau petugas keamanan setempat akan menindak tegas dan memproses pelaku ke kantor Polisi terdekat di Bangsal dan memasukkan nama pelaku ke daftar Blacklist, sebuah daftar yang melarang orang terkait untuk menginjakkan kakinya lagi di Gili Trawangan sampai jangka waktu 5 tahun ke depan.
















Sudah bisa dimaklumi oleh wisatawan kebanyakan, bahwasanya air tawar atau fresh water untuk keperluan mandi merupakan barang langka dan mahal di Gili T, jangan kaget ketika mandi dan air yang keluar dari shower di hotel tempat kamu menginap akan terasa asin dan sedikit lengket. Bahkan air yang keluar dari wastafel pun ketika anda menggosok gigi akan terasa asin karena masih mengandung salt water (air asin). Namun, beberapa hotel berbintang 3 dan 4 atau kelas hotel mewah lainnya seperti Villa Ombak juga menyediakan fresh water / air tawar di dalam tabung atau ember untuk anda membilas dan finishing aktifitas mandi anda.

 

Walaupun tidak ada kendaraan bermotor, Pulau ini sudah dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga diesel di sebelah utara pulau untuk menyuplai kebutuhan listrik. Jika anda sempat berkeliling pulau dengan sepeda, anda akan menemukan pembangkit listrik ini di sebelah utara pusat keramaiannya. Dan untuk masalah telekomunikasi, Gili T sudah dilengkapi beberapa BTS dari 3 provider terbesar di Indonesia untuk mencover kebutuhan komunikasi anda di Gili Trawangan maupun dua gili Tetangganya yakni Gili Meno dan Gili Air.

 

Untuk urusan tempat menginap anda tidak perlu khawatir berada di tempat ini, banyak bersebaran home stay kelas melati dengan variasi harga yang disesuaikan dengan fasilitas yang mereka sediakan, dengan kisaran harga Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 350.000 permalam. Beberapa hotel rekomendasi dan banyak menjadi pilihan para wisatawan


 

Comments

Popular posts from this blog

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN BESERTA PEMBAHASAN Directions : Question 1-15 are incomplete sentences. Beneath each sentence you will see for words or phrases, marked (A), (B), (C) and (D). You are to choose one word or phrase that best complete the sentence. Example I The swimming instructor came... if the apartment was still available. A. to see B. seeing C. saw D. for seeing The sentence should be read "The swimming instructor came  to see  if the apartment was still available." Therefore, you should choose  A . Now begin work on the questions. 1. The committee has met twice and ....     A. they reached a final decision     B. a final decision was reached     C. its decision was reached     D. it has reached a final decision 2. The manager won't be able to attend the shareholders' meeting tomorrow because....     A. he must to give a lecture     B. he will be giving a lecture     C. of he will give lec

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA Alam bawah laut wilayah timur Indonesia memang dikenal masih belum tercemar sehingga biota laut baik flora maupun faunanya masih hidup alamiah di habitatnya. Flores merupakan wilayah Indonesia Timur yang lebih mudah dijangkau karena berdekatan dengan wilayah Indonesia Tengah, yaitu Sumbawa. Popularitas Kekayaan dan keindahan bawah laut Flores pun semakin meningkat seiring dengan naiknya jumlah wisatawan yang datang ke Flores untuk pergi ke P. Komodo. Selain untuk eksplorasi melihat hewan purba tersebut, pastinya para wisatawan datang untuk menikmati kaya nya flora dan fauna di sekitar Laut Flores. Di beberapa pulau kecil yang ada di sekitar Labuan Bajo kini sebagian sudah dibuka untuk umum sebagai resort yang jumlah kamarnya kurang dari 20 rata-rata per pulau sehingga keeksklusivitasan dan privacy setiap pengunjung yang datang akan sangat terjaga. Sebagian pulau tersebut

DAFTAR AGEN TOUR DAN TRAVEL DI KOTA BATAM / TOUR AND TRAVEL AGEN IN BATAM CITY INDONESIA

DAFTAR AGEN TOUR DAN TRAVEL DI KOTA BATAM / TOUR AND TRAVEL AGEN IN BATAM CITY INDONESIA   Di Kota Batam, banyak terdapat Agen Tour dan Travel yang menyediakan layanan pemesanan Tiket Pesawat, Tiket Kapal Ferry Domestik dan Internasional, Paket Wisata, Paket Perjalanan, Voucher Hotel bahkan layanan penyewaan Mobil dan Bus Wisata serta layanan pengurusan Visa. Dengan memakia jasa layanan agen-agen Tour dan Travel tersebut, perjalanan bisnis maupun wisata kita pun menjadi lebih mudah. Berikut ini adalah Daftar Alamat dan Nomor Telepon Agen Tour dan Travel yang terdapat di Kota Batam : Andika Batam Tour & Travel Alamat : Komp. Windsor Phase 1 Blok 1 No.01                Komp. Nagoya Newtown Blok S No. 07 Nomor Telepon : 0778 - 450405, 0778 - 423737 Ananda Tour & Travel Alamat : Komp. Regency Park Blok I No. 7, Nagoya Batam Nomor Telepon : 0778 - 453587 Nusa Jaya Indofast Tour & Tra