Skip to main content

SILABUS PAI K 13 KELAS II


SILABUS PAI K 13 KELAS II

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan :   SD
Kelas                       :   II(dua)
Kompetensi Inti      :

KI 1   :   Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
KI 2   :   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3   :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4   :   Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1    Terbiasaberwudhusebelumshalat
1.2    Menunaikanshalatsebagaiwujuddaripemahamanrukun Islam
1.3    Terbiasaberdoasebelumdansesudahmakan
1.4    Meyakiniadanya Allah SWT Yang MahaMenciptasegala yang ada di alam.






2.1    Memilikisikapjujursebagaiimplementasidaripemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119
2.2    Memilikiperilakuhormatdanpatuhkepadaorangtua, dan guru dansesamaanggotakeluargasebagaiimplementasidaripemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3    Memilikiperilakukasihsayangkepadasesamasebagaiimplementasidaripemahaman Q.S. Al-Fatihah
2.4    Memilikisikapkerjasamadantolong-menolongsebagaiimplementasidaripemahaman Q.S. Al-Maidahayat 2
2.5    Memilikisikapberanibertanyasebagaiimplementasidaripemahaman Q.S. An-Nahlayat 43
2.6    Memilikisikapberlindungdirikepada Allah SWT sebagaiimplementasidaripemahaman Q.S. An-Nas
2.7    Memilikiperilakudisiplinsebagaiimplementasidaripemahaman Q.S. Al-’Ashr
2.8    Memilikiperilakuhidupsehatdanpedulilingkungansebagaiimplementasidaripemahamanmaknaberwudhu






3.1     Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf

4.1      Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf
Huruf hijaiyyah bersambung
Mengamati
·      Mencermati pelafalan huruf hijaiyyah bersambung

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang huruf hijaiyyah bersambung

Eksperimen/Explore
·      Melafalkan secara berulang-ulang sampai kadar pelafalannya baik. pelafalan huruf dilakukan peserta didik secara klasikal, kelompok maupun individual
·      Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai makharijul huruf dengan berulang-ulang, baik secara individual maupun berkelompok.
·      Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat secara individual dengan bimbingan pendidik

Asosiasi
·      Membuat rumusan tentang klasifikasi pelafalan huruf hijaiyyah bersambung
·      Mengidentifikasi huruf hijaiyah dari tingkat yang paling mudah dan sukar

Komunikasi
·      Menirukan pelafalan huruf per huruf sesuai makharijul huruf secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang  pelafalan huruf hijaiyah bersambung secara kelompok atau individual
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyyah bersambung
·      Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung secara individual dan kelompok

Observasi
·      Mengamati pelafalan  huruf hijaiyyah bersambung sesuai makharijul huruf

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai makharijul huruf


Tes
·      Tes bentuk lisan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Buku Belajar Huruf Hijaiyyah bersambung
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.2     Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah

4.2      Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman kepada Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci

Allah Maha Suci
Mengamati
·      Mencermati pelafalan dan menyimak arti Asmaul Husna al-Quddus secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh Al-Quddusnya Allah secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah itu al-Quddus
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang yang menciptakan alam semesta ini?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang Allah itu al-Quddusbaik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang Allah itu al-Quddus
·      Mengidentifikasi bukti penciptaan Allah itu al-Quddus

Komunikasi
·      Menirukan pelafalan dan arti Asmaul Husna Al-Quddus secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Menampilkan pelafalan Asmaul Husna  Al-Quddus secara berulang kali baik secara individual atau berkelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang Al-Quddusnya Allah secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Al-Quddusnya Allah secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang Allah itu al-Quddus
·      Melafalkan al-Quddus

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar bukti Allah itu al-Quddus
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kemampuan melafalkan al-Quddus dan maknanya

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang Allah itu al-Quddus

1 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Kisah dan  Makna 99 Asmaul Husna untuk Anak
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.3  Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq

4.3  Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya
Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
Mengamati
·      Mencermati pelafalan dan menyimak arti Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq Allah secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah itu Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang yang menciptakan alam semesta ini?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang Allah Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang Allah itu Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
·      Mengidentifikasi bukti penciptaan Allah itu Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq

Komunikasi
·      Menirukan pelafalan dan arti Asmaul Husna Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Menampilkan pelafalan Asmaul Husna  Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq secara berulang kali baik secara individual atau berkelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliqnya Allah secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq nya Allah secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang Allah itu Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
·      Melafalkan Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar bukti Allah itu Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kemampuan melafalkan Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq dan maknanya

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang Allah itu Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq

3 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Kisah dan  Makna 99 Asmaul Husna untuk Anak
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.4     Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu

4.4     Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu
Menuntut ilmu dan berani bertanya
Mengamati
·      Mengamati gambar contoh perilaku menuntut ilmu dan berani bertanyasecara klasikal atau individual
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang menuntut ilmu dan berani bertanya
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan kegiatan yang menunjukkan perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya!

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang menuntut ilmu dan berani bertanya
·      Mengidentifikasi menuntut ilmu dan berani bertanya

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang menuntut ilmu dan berani bertanya secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang menuntut ilmu dan berani bertanya

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi diskusi tentang menuntut ilmu dan berani bertanya
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya dalam kehidupan sehari-hari

Tes
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang menuntut ilmu dan berani bertanya.
·      Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja kegiatan bersih-bersih di sekitar lingkungan rumah dan sekolah

1 x 4 jam pelajaran
·  Al Quran dan terjemahnya
·  Kumpulan Hadits Nabi
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.5     Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat

4.5      Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan


Bersih, sehat dan peduli lingkungan
Mengamati
·      Mengamati gambar contoh perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungansecara klasikal atau individual
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan kegiatan yang menunjukkan perilaku bersih dan sehat, dan peduli lingkungan!

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan
·      Mengidentifikasi bersih, sehat dan peduli lingkungan

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi diskusi tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari

Tes
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan.
·      Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja kegiatan bersih-bersih di sekitar lingkungan rumah dan sekolah

2 x 4 jam pelajaran
·  Kumpulan Hadits Nabi
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.6     Mengenal makna Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Ashr

4.6.1 Melafalkan Q.S. an-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas

4.6.2 Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nas dan al-‘Ashr dengan benar dan jelas



Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
Mengamati
·      Mencermati pelafalan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara klasikal atau individual
·      Menyimak  pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang pelafalan, hafalan dan pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang sudah mengetahui lafal Q.S An-Nas dan al ‘Ashr?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara kelompok
·      Secara berpasangan mendiskusikan tentang keterkaitan pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr dengan kehidupan sehari-hari

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentangpesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
·      Menghubungkan tentang pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr dengan kehidupan sehari-hari

Komunikasi
·      Menirukan pelafalan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara klasikal, kelompok maupun individual
·      Menampilkan pelafalan Q.S. an-Nas secara berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok
·      Menghafal bacaan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr ayat per ayat sesuai makharijul huruf secara  berulang-ulang baik secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Menampilkan hafalan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr baik secara individu maupun perwakilan kelas atau kelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang  pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara kelompok atau individual
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang pelafalan, menghafal dan pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
·      Melafalkan dan menghafal Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara individual atau klasikal

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasitentang
·      pelafalan, menghafal dan menyebutkan pesan-pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan melafalkan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr dalam berbagai kegiatan ibadah

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkattentang pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
·      Tes lisan berupa melafalkan dan hafal Q.S An-Nas dan al ‘Ashr

4 x 4 jam pelajaran
·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.7      Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu

4.7     Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar

Doa dan tatacara wudu
Mengamati
·      Menyimak tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau individual
·      Mengamati gambar contoh tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tatacara wudu dan doanya
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang baik?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara wudu dan doanyabaik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mendiskusikan tatacara wudu dan doanya baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang tatacara wudu dan doanya
·      Mengidentifikasi kegiatan tatacara wudu dan doanya

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara wudu dan doanya secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara wudu dan doanya secara individual atau kelompok
·      Mempraktikkan/mensimulasikan tatacara wudu dan doanya baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang tatacara wudu dan doanya
·      Tugas kelompok Menunjukkan dan menjelaskan gambar tentang tatacara wudu dan doanya

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang tatacara wudu dan doanya
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang tatacara wudu dan doanya

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang bersuci dan tatacaranya
·      Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi kegiatan bersuci

3 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Buku Fiqih Ibadah tatacara wudhu
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.8     Mengenal tata cara șalat dan bacaannya

4.8     Mempraktikkan șalat dengan tata cara dan bacaan yang benar

Șalat dan tatacaranya
Mengamati
·      Menyimak tatacara șalatsecara klasikal atau individual
·      Mengamati gambar contoh tatacara șalat secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tatacara șalat
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang baik?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara șalatbaik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mendiskusikan tatacara șalat baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang tatacara șalat
·      Mengidentifikasi kegiatan tatacara șalat

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara șalat secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara șalat secara individual atau kelompok
·      Mempraktikkan/mensimulasikan tatacara șalat baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang tatacara șalat
·      Tugas kelompok Menunjukkan dan menjelaskan gambar tentang tatacara șalat

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang tatacara șalat
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang tatacara șalat

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang contoh tatacara șalat
·      Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi tatacara șalat

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Buku Fiqih Ibadah tata cara șalat
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.9     Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan

4.9      Mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan
Doa sebelum dan sesudah makan
Mengamati
·      Mencermati pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang doa sebelum dan sesudah makan
·      Mengajukan pertanyaan, apakah kamu selalu berdoa ketika memulai belajar?coba lafalkan doa sebelum dan sesudah makan!

Eksperimen/Explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar tentang berdoa sebelum dan sesudah makan secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang berdoa sebelum dan sesudah makan
·      Mengidentifikasi kegiatan berdoa sebelum dan sesudah makan

Komunikasi
·      Menirukan pelafalan doa sebelum dan sesudah makan Secara klasikal, kelompok maupun individual
·      Menampilkan pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok
·      Menyebutkan arti doa sebelum dan sesudah makan dengan berulang-ulang yang dilakukan secara berpasangan dan bergantian
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang kegiatan berdoa sebelum dan sesudah makan

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang berdoa sebelum dan sesudah makan
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang berdoa sebelum dan sesudah makan

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang berdoa sebelum dan sesudah makan

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Buku doa-doa pilihan
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.10   Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah

4.10   Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah

Kasih sayang kepada sesama
Mengamati
·      Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama secara klasikal atau individual.
·      Mengamati gambar contoh perilaku kasih sayang kepada sesama secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku kasih sayang kepada sesama

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada sesama dalam kehidupan sehari-hari
·      Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada sesama kehidupan sehari-hari

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong
·      Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku kasih sayang kepada sesama

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kasih sayang kepada sesama secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kasih sayang kepada sesama secara individual atau kelompok
·      Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku kasih sayang kepada sesama secara individual maupun kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang perilaku perilaku kasih sayang kepada sesama

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada sesama
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan tentang perilaku kasih sayang kepada sesama

Tes
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada sesama
·      Tes dalam bentuk psikomotorik dengan mencontohkan contoh perilaku kasih sayang kepada sesama

1 x 4 jam pelajaran
·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Gambar/ Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.11   Memahami sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2

4.11   Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
Kerjasama dan tolong menolong
Mengamati
·      Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku kerjasama dan tolong menolong secara klasikal atau individual.
·      Mengamati gambar contoh kerjasama dan tolong menolong secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang kerjasama dalam kehidupan sehari-hari
·      Mendiskusikan isi gambar tentang tolong menolong kehidupan sehari-hari

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong
·      Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong secara individual atau kelompok
·      Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku kerjasama dan tolong menolong secara individual maupun kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang kegiatan tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong

Tes
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong
·      Tes dalam bentuk psikomotorik dengan mencontohkan contoh perilaku kerjasama dan tolong menolong

2 x 4 jam pelajaran
·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Gambar/ Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.12   Mengenal kisah keteladanan Nabi Saleh a.s

4.12   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
Sikap berani Nabi Saleh a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Saleh a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Saleh a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Saleh a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Saleh a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Saleh a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Saleh a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Saleh a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Saleh a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Saleh a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Saleh a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Saleh a.s.

1 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.13   Mengenal kisah keteladanan Nabi Luţ a.s

4.13   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.
Disiplin Nabi Luţ a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Luţ a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Luţ a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Luţ a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Luţ a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Luţ a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Luţ a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Luţ a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Luţ a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Luţ a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Luţ a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Luţ a.s.

1 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.14   Mengenal kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s

4.14   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
Sikap damai Nabi Ishaq a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Ishaq a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ishaq a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ishaq a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ishaq a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ishaq a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Ishaq a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ishaq a.s.

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.15   Mengenal kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s

4.15     Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
Jujur Nabi Ya’qub a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Ya’qub a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ya’qub a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ya’qub a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ya’qub a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Ya’qub a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ya’qub a.s.

1 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.16   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw

4.16   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
Kisah Nabi Muhammad saw



Mengamati
·      Menyimak kisah keteladanan nabi Muhammad saw secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan Nabi Muhammad saw
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan Nabi Muhammad saw

Eksperimen/explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan nabi Muhammad saw
·      Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara individual atau kelompok
·      Menguhubungkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw dengan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang sikap jujur
·      Menceritakan isi gambar tentang bentuk jujur terhadap sesama

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari

Tes
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap jujur
1 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video


Comments

Popular posts from this blog

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN BESERTA PEMBAHASAN Directions : Question 1-15 are incomplete sentences. Beneath each sentence you will see for words or phrases, marked (A), (B), (C) and (D). You are to choose one word or phrase that best complete the sentence. Example I The swimming instructor came... if the apartment was still available. A. to see B. seeing C. saw D. for seeing The sentence should be read "The swimming instructor came  to see  if the apartment was still available." Therefore, you should choose  A . Now begin work on the questions. 1. The committee has met twice and ....     A. they reached a final decision     B. a final decision was reached     C. its decision was reached     D. it has reached a final decision 2. The manager won't be able to attend the shareholders' meeting tomorrow because....     A. he must to give a lecture     B. ...

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA Alam bawah laut wilayah timur Indonesia memang dikenal masih belum tercemar sehingga biota laut baik flora maupun faunanya masih hidup alamiah di habitatnya. Flores merupakan wilayah Indonesia Timur yang lebih mudah dijangkau karena berdekatan dengan wilayah Indonesia Tengah, yaitu Sumbawa. Popularitas Kekayaan dan keindahan bawah laut Flores pun semakin meningkat seiring dengan naiknya jumlah wisatawan yang datang ke Flores untuk pergi ke P. Komodo. Selain untuk eksplorasi melihat hewan purba tersebut, pastinya para wisatawan datang untuk menikmati kaya nya flora dan fauna di sekitar Laut Flores. Di beberapa pulau kecil yang ada di sekitar Labuan Bajo kini sebagian sudah dibuka untuk umum sebagai resort yang jumlah kamarnya kurang dari 20 rata-rata per pulau sehingga keeksklusivitasan dan privacy setiap pengunjung yang datang akan sangat terjaga. Sebagian pulau tersebut...

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA Kota Batam merupakan Kota Industri dan juga Kota Wisata, untuk menunjang aktivitas para pengusaha serta wisatawan dari daerah lain maupun dari mancanegara, kenyamanan akomodasi merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Hotel-hotel yang berbintang 3 dan 4 dengan kualitas layanan yang memuaskan banyak terdapat di Kota Batam. Sebagai pengetahuan, yang dimaksud dengan Hotel berbintang 3 adalah Hotel yang memiliki minimal 30 kamar, 3 suite room dan restoran sedangkan Hotel berbintang 4 adalah Hotel yang memiliki minimal 50 kamar, 4 suite room, restoran, kolam renang serta fasilitas lainnya seperti tempat Gyms dan Ballroom untuk pesta.Dan tentunya Pelayanan yang berkualitas tinggi merupakan penilaian penting terhadap penentuan rangking Bintang yang dimiliki oleh sebuah Hotel. Berikut ini adalah Daftar Alam...