SILABUS PAI K 13 KELAS II
MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas : II(dua)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerimadanmenjalankanajaran
agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
KI 4 : Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa
yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang
mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Terbiasaberwudhusebelumshalat
1.2 Menunaikanshalatsebagaiwujuddaripemahamanrukun Islam
1.3 Terbiasaberdoasebelumdansesudahmakan
1.4
Meyakiniadanya
Allah SWT Yang MahaMenciptasegala yang ada di alam.
|
|
|
|
|
|
2.1
Memilikisikapjujursebagaiimplementasidaripemahaman
Q.S. Al-Maidah (5): 119
2.2
Memilikiperilakuhormatdanpatuhkepadaorangtua,
dan guru dansesamaanggotakeluargasebagaiimplementasidaripemahaman Q.S.
An-Nisa (4): 36
2.3
Memilikiperilakukasihsayangkepadasesamasebagaiimplementasidaripemahaman
Q.S. Al-Fatihah
2.4
Memilikisikapkerjasamadantolong-menolongsebagaiimplementasidaripemahaman
Q.S. Al-Maidahayat 2
2.5
Memilikisikapberanibertanyasebagaiimplementasidaripemahaman
Q.S. An-Nahlayat 43
2.6
Memilikisikapberlindungdirikepada
Allah SWT sebagaiimplementasidaripemahaman Q.S. An-Nas
2.7
Memilikiperilakudisiplinsebagaiimplementasidaripemahaman
Q.S. Al-’Ashr
2.8 Memilikiperilakuhidupsehatdanpedulilingkungansebagaiimplementasidaripemahamanmaknaberwudhu
|
|
|
|
|
|
3.1
Mengetahui huruf hijaiyyah bersambung sesuai
dengan makharijul huruf
4.1
Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai
dengan makharijul huruf
|
Huruf hijaiyyah bersambung
|
Mengamati
· Mencermati pelafalan huruf hijaiyyah bersambung
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang huruf
hijaiyyah bersambung
Eksperimen/Explore
· Melafalkan secara berulang-ulang sampai kadar pelafalannya baik.
pelafalan huruf dilakukan peserta didik secara klasikal, kelompok maupun
individual
· Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai makharijul huruf dengan
berulang-ulang, baik secara individual maupun berkelompok.
· Mendemonstrasikan pelafalan huruf hijaiyyah berharakat secara
individual dengan bimbingan pendidik
Asosiasi
·
Membuat rumusan tentang
klasifikasi pelafalan huruf hijaiyyah bersambung
·
Mengidentifikasi huruf
hijaiyah dari tingkat yang paling mudah dan sukar
Komunikasi
· Menirukan pelafalan huruf per huruf sesuai makharijul huruf secara
klasikal, kelompok maupun individual.
· Menyampaikan hasil diskusi tentang
pelafalan huruf hijaiyah bersambung secara kelompok atau individual
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang melafalkan huruf hijaiyyah bersambung
· Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung secara individual dan kelompok
Observasi
· Mengamati pelafalan huruf
hijaiyyah bersambung sesuai makharijul huruf
Portofolio
· Membuat paparan tentang kegiatan dalam melafalkan huruf hijaiyyah
bersambung sesuai makharijul huruf
Tes
· Tes bentuk lisan melafalkan huruf hijaiyyah bersambung
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Buku Belajar Huruf Hijaiyyah bersambung
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.2 Mengetahui keesaan Allah SWT
Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan
terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan
sekolah
4.2 Melakukan pengamatan terhadap
diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah
sebagai implementasi iman kepada Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha
Penyayang, dan Maha Suci
|
Allah Maha Suci
|
Mengamati
·
Mencermati pelafalan dan menyimak arti Asmaul Husna al-Quddus secara
klasikal, kelompok maupun individual.
·
Mengamati gambar contoh Al-Quddusnya Allah secara klasikal atau
individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah itu
al-Quddus
·
Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang yang menciptakan alam
semesta ini?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar tentang Allah itu al-Quddusbaik secara
klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang Allah itu al-Quddus
·
Mengidentifikasi bukti penciptaan Allah itu al-Quddus
Komunikasi
·
Menirukan pelafalan dan arti Asmaul Husna Al-Quddus secara klasikal,
kelompok maupun individual.
·
Menampilkan pelafalan Asmaul Husna
Al-Quddus secara berulang kali baik secara individual atau berkelompok
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang Al-Quddusnya Allah secara kelompok
·
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Al-Quddusnya Allah secara
individual atau kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
·
Mengisi rubrik tentang Allah itu al-Quddus
·
Melafalkan al-Quddus
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
·
menceritakan isi gambar bukti Allah itu al-Quddus
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang kemampuan melafalkan al-Quddus dan maknanya
Tes
·
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·
Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang Allah itu
al-Quddus
|
1 x 4 jam pelajaran
|
·
Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
·
Kisah dan Makna 99 Asmaul Husna
untuk Anak
·
Gambar/ Poster
·
Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.3
Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus,
As-Salam, Al-Khaliq
4.3
Melafalkan Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliq dan maknanya
|
Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliq
|
Mengamati
· Mencermati pelafalan dan menyimak arti Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliq secara klasikal, kelompok maupun individual.
· Mengamati gambar contoh Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq Allah secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang Allah itu Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliq
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya siapakah yang yang menciptakan alam semesta ini?
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan isi gambar tentang Allah Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliq baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil diskusi
kelompok tentang Allah itu Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
·
Mengidentifikasi bukti penciptaan
Allah itu Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
Komunikasi
· Menirukan pelafalan dan arti Asmaul Husna Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliq secara klasikal, kelompok maupun individual.
· Menampilkan pelafalan Asmaul Husna
Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq secara berulang kali
baik secara individual atau berkelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliqnya Allah secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliq nya Allah secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang Allah itu Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
· Melafalkan Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar bukti Allah itu Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliq
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang kemampuan melafalkan Al-Quddus, As-Salam,
Al-Khaliq dan maknanya
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang Allah itu
Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Kisah dan Makna 99 Asmaul Husna
untuk Anak
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.4
Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran
menuntut ilmu
4.4
Menunjukkan perilaku rajin menuntut ilmu
|
Menuntut ilmu dan
berani bertanya
|
Mengamati
· Mengamati gambar contoh perilaku menuntut ilmu dan berani
bertanyasecara klasikal atau individual
· Menyimak penjelasan tentang perilaku menuntut ilmu dan
berani bertanya
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang menuntut ilmu dan berani bertanya
· Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan kegiatan yang menunjukkan
perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya!
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang menuntut ilmu dan
berani bertanya
· Mengidentifikasi menuntut ilmu dan berani bertanya
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang menuntut ilmu dan
berani bertanya secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya secara individual atau
kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang menuntut ilmu dan berani bertanya
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi diskusi tentang menuntut ilmu dan berani bertanya
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang perilaku menuntut ilmu dan berani bertanya dalam kehidupan sehari-hari
Tes
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang menuntut ilmu dan berani bertanya.
· Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja kegiatan bersih-bersih di
sekitar lingkungan rumah dan sekolah
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Kumpulan Hadits Nabi
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.5
Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku
hidup bersih dan sehat
4.5
Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat
sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan
kesehatan
|
Bersih, sehat dan
peduli lingkungan
|
Mengamati
· Mengamati gambar contoh perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungansecara klasikal atau individual
· Menyimak penjelasan tentang perilaku bersih, sehat dan
peduli lingkungan
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan
· Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan kegiatan yang menunjukkan
perilaku bersih dan sehat, dan peduli lingkungan!
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang bersih, sehat dan
peduli lingkungan
· Mengidentifikasi bersih, sehat dan peduli lingkungan
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang bersih, sehat dan
peduli lingkungan secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan secara
individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi diskusi tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang perilaku bersih, sehat dan peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
Tes
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang bersih, sehat dan peduli lingkungan.
· Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja kegiatan bersih-bersih di
sekitar lingkungan rumah dan sekolah
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Kumpulan Hadits Nabi
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.6
Mengenal makna Q.S. an-Nas dan Q.S. al-‘Ashr
4.6.1
Melafalkan Q.S. an-Nas dan Al ‘Ashr dengan
benar dan jelas
4.6.2
Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nas dan al-‘Ashr
dengan benar dan jelas
|
Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
|
Mengamati
·
Mencermati pelafalan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara klasikal atau
individual
·
Menyimak pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru
mengajukan pertanyaan tentang pelafalan, hafalan dan pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
·
Mengajukan pertanyaan,
misalnya siapakah yang sudah mengetahui lafal Q.S An-Nas dan al ‘Ashr?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan pesan-pesan
yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara
kelompok
·
Secara berpasangan
mendiskusikan tentang keterkaitan pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr dengan kehidupan sehari-hari
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil diskusi
kelompok tentangpesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
·
Menghubungkan tentang
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr dengan
kehidupan sehari-hari
Komunikasi
·
Menirukan pelafalan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara klasikal, kelompok
maupun individual
· Menampilkan pelafalan Q.S. an-Nas secara berulang-ulang baik secara
individual atau berkelompok
· Menghafal bacaan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr ayat
per ayat sesuai makharijul huruf secara
berulang-ulang baik secara klasikal, kelompok maupun individual.
· Menampilkan hafalan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr baik
secara individu maupun perwakilan kelas atau kelompok.
· Menyampaikan hasil diskusi tentang
pesan-pesan yang terkandung di dalam Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara kelompok atau individual
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang pelafalan, menghafal dan pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
· Melafalkan dan menghafal Q.S An-Nas dan al ‘Ashr secara
individual atau klasikal
Observasi
·
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasitentang
·
pelafalan, menghafal dan
menyebutkan pesan-pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang kegiatan melafalkan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr dalam berbagai kegiatan ibadah
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkattentang
pesan Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
· Tes lisan berupa melafalkan dan hafal Q.S An-Nas dan al ‘Ashr
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.7
Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu
4.7
Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib
dan benar
|
Doa dan tatacara wudu
|
Mengamati
· Menyimak tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau individual
· Mengamati gambar contoh tatacara wudu dan doanya secara klasikal atau
individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tatacara wudu
dan doanya
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang baik?
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara wudu dan doanyabaik secara
klasikal maupun kelompok.
· Mendiskusikan tatacara wudu dan doanya baik secara klasikal maupun
kelompok.
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang tatacara wudu dan
doanya
·
Mengidentifikasi kegiatan
tatacara wudu dan doanya
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara wudu dan doanya
secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara wudu dan
doanya secara individual atau kelompok
· Mempraktikkan/mensimulasikan tatacara wudu dan doanya baik secara
individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang tatacara wudu dan doanya
· Tugas kelompok Menunjukkan dan menjelaskan gambar tentang tatacara wudu
dan doanya
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang tatacara wudu dan doanya
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang tatacara wudu dan doanya
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang bersuci
dan tatacaranya
· Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi kegiatan bersuci
|
3 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Buku Fiqih Ibadah tatacara wudhu
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.8
Mengenal tata cara șalat dan bacaannya
4.8
Mempraktikkan șalat dengan tata cara dan bacaan yang benar
|
Șalat dan tatacaranya
|
Mengamati
· Menyimak tatacara șalatsecara klasikal atau individual
· Mengamati gambar contoh tatacara șalat secara klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tatacara șalat
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Bagaimana caranya berwudu yang baik?
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan isi gambar contoh tatacara șalatbaik secara klasikal
maupun kelompok.
· Mendiskusikan tatacara șalat baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
·
Membuat rumusan hasil
diskusi tentang tatacara șalat
·
Mengidentifikasi kegiatan
tatacara șalat
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tatacara șalat
secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tatacara șalat
secara individual atau kelompok
· Mempraktikkan/mensimulasikan tatacara șalat baik secara individual
maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang tatacara șalat
· Tugas kelompok Menunjukkan dan menjelaskan gambar tentang tatacara șalat
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang tatacara șalat
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang tatacara șalat
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang contoh
tatacara șalat
· Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi tatacara șalat
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Buku Fiqih Ibadah tata cara șalat
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.9
Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan
4.9
Mempraktikkan doa sebelum dan sesudah makan
|
Doa sebelum dan sesudah
makan
|
Mengamati
· Mencermati pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara klasikal atau
individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang doa sebelum
dan sesudah makan
· Mengajukan pertanyaan, apakah kamu selalu berdoa ketika memulai
belajar?coba lafalkan doa sebelum dan sesudah makan!
Eksperimen/Explore
· Secara berkelompok mendiskusikan isi gambar tentang berdoa sebelum dan
sesudah makan secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang berdoa sebelum dan
sesudah makan
· Mengidentifikasi kegiatan berdoa sebelum dan sesudah makan
Komunikasi
· Menirukan pelafalan doa sebelum dan sesudah makan Secara klasikal,
kelompok maupun individual
· Menampilkan pelafalan doa sebelum dan sesudah makan secara
berulang-ulang baik secara individual atau berkelompok
· Menyebutkan arti doa sebelum dan sesudah makan dengan berulang-ulang
yang dilakukan secara berpasangan dan bergantian
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang kegiatan berdoa sebelum dan sesudah makan
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang berdoa sebelum dan sesudah makan
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
berdoa sebelum dan sesudah makan
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang berdoa sebelum
dan sesudah makan
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Buku doa-doa pilihan
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.10
Memahami perilaku kasih sayang kepada sesama
sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
4.10
Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada
sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah
|
Kasih sayang kepada
sesama
|
Mengamati
· Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku kasih sayang kepada
sesama secara klasikal atau individual.
· Mengamati gambar contoh perilaku kasih sayang kepada sesama secara
klasikal atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang perilaku kasih sayang kepada sesama
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada
sesama dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiskusikan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada
sesama kehidupan sehari-hari
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku
kerjasama dan tolong menolong
· Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku
kasih sayang kepada sesama
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kasih sayang kepada
sesama secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kasih sayang kepada sesama secara individual atau
kelompok
· Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku kasih sayang kepada sesama secara individual maupun
kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang perilaku perilaku kasih sayang kepada sesama
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada sesama
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang kegiatan tentang perilaku
kasih sayang kepada sesama
Tes
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang perilaku kasih sayang kepada sesama
· Tes dalam bentuk psikomotorik dengan mencontohkan contoh perilaku kasih sayang kepada sesama
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Gambar/ Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.11
Memahami sikap kerja sama dan saling tolong
menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
4.11
Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong
menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2
|
Kerjasama dan tolong
menolong
|
Mengamati
· Menyimak penjelasan pentingnya memiliki perilaku kerjasama dan tolong
menolong secara klasikal atau individual.
· Mengamati gambar contoh kerjasama dan tolong menolong secara klasikal
atau individual
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan
pertanyaan tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong
Eksperimen/Explore
· Mendiskusikan isi gambar tentang kerjasama dalam kehidupan sehari-hari
· Mendiskusikan isi gambar tentang tolong menolong kehidupan sehari-hari
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang perilaku
kerjasama dan tolong menolong
· Mengidentifikasi dalam berbagai kegiatan tentang perilaku
kerjasama dan tolong menolong
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku kerjasama dan tolong
menolong secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang perilaku kerjasama dan
tolong menolong secara individual atau kelompok
· Mencontohkan dengan cara bermain peran/simulasi perilaku kerjasama dan
tolong menolong secara individual maupun kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang perilaku kerjasama dan tolong
menolong
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang perilaku kerjasama dan
tolong menolong
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang kegiatan tentang perilaku
kerjasama dan tolong menolong
Tes
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang perilaku kerjasama dan tolong menolong
· Tes dalam bentuk psikomotorik dengan mencontohkan contoh perilaku kerjasama dan tolong menolong
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Gambar/ Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.12
Mengenal kisah keteladanan Nabi Saleh a.s
4.12
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Saleh a.s.
|
Sikap berani Nabi Saleh
a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi
Saleh a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Saleh a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Saleh a.s.
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Saleh a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Saleh a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Saleh
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Saleh a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Saleh a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Saleh a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Saleh a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Saleh a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Saleh a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Saleh a.s.
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.13
Mengenal kisah keteladanan Nabi Luţ a.s
4.13
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.
|
Disiplin Nabi Luţ a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi
Luţ a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Luţ a.s. baik secara klasikal
atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Luţ a.s.
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Luţ a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Luţ a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Luţ a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Luţ a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Luţ a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Luţ a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Luţ a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Luţ a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Luţ a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Luţ a.s.
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.14
Mengenal kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s
4.14
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
|
Sikap damai Nabi Ishaq
a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi
Ishaq a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ishaq a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Ishaq a.s.
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ishaq
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Ishaq a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ishaq a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ishaq a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ishaq a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Ishaq a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Ishaq a.s.
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.15
Mengenal kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s
4.15
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
|
Jujur Nabi Ya’qub a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi
Ya’qub a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan
Nabi Ya’qub a.s.
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ya’qub
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Ya’qub a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ya’qub a.s. secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ya’qub
a.s. secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ya’qub a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ya’qub a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Ya’qub a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan
nabi Ya’qub a.s.
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.16
Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
4.16
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
|
Kisah Nabi Muhammad saw
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Muhammad saw secara klasikal maupun
individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan
Nabi Muhammad saw
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan Nabi Muhammad saw
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah
keteladanan nabi Muhammad saw
· Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi
Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok.
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi
Muhammad saw secara individual atau kelompok
· Menguhubungkan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw dengan sikap jujur
dalam kehidupan sehari-hari
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara
kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang sikap jujur
· Menceritakan isi gambar tentang bentuk jujur terhadap sesama
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterait
dengan
· menceritakan isi gambar tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari
Tes
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap
jujur
|
1 x 4jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls II SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
Comments
Post a Comment