Skip to main content

SILABUS PAI K13 KELAS IV


SILABUS PAI K13 KELAS IV

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan          :    SD
Kelas                              :    IV(empat)
Kompetensi Inti               :

KI 1      :    Menerima, menjalankan, danmenghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2      :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, guru, dantetangganya
KI 3      :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4      :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan besar
1.2   Menunaikan salat seca ra tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT. SWT.
1.3   Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat
1.4   Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah salat
1.5   Meyakini keberadaan malaikat -malaikat Alla h SWT
1.6   Meyakini adanya Rasul-rasul Allah SWT






2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q. S At -Taubah (9): 119Taubah (9): 119
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14
2.3  Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat sek itar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Hadiid (57): 9
2.4  Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari -hari.
2.5  Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahama n Q.S. Al -‘Alaq (96): 1 -5
2.6  Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
2.7  Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
2.8  Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 37
2.9  Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al -Isra (17): 27Isra






3.6         Mengetahui Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan baik dan benar

4.6.1     Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan tartil

4.6.2     Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil dengan benar

4.6.3     Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma‘un dan Al-Fil dengan lancar.

Q.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil
Mengamati
·      MembacaQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘undan Al-Fildenganmemperhatikanmakhrajhurufnyasecaraklasikal, kelompokatau individual.
·      Membacasecaraberulang-ulangsampaihafalQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘undan Al-Fildenganmemperhatikanmakhrajhurufnya.
·      MendemontrasikanhafalanQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘undan Al-Fil, secaraklasikal, kelompokatau individual.


Menanya
·      memotivasisiswabertanya, misalnya: mengapamembaca al-Qur’an harusdenganmakhrijulhuruf yang benar?
·      - Bagaimanajikakitasalahmembacamakharijulhuruf?

Eksperimen/explore
·      DiskusitentangartiQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘undan Al-Filsecarakelompok
·      DiskusitentangisikandunganQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘undan Al-Filsecarakelompok

Asosiasi
·      MenulisQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fildenganbenarsecaraindividu
·      Mencermatiarti QS Al-Maun
·      MencermatiisikandunganQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil
·      MenyimpulkankandunganQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil

Komunikasi
·      MenyampaikanhasildiskusitentangartidanisikandunganQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Filsecarakelompok
·      Menanggapihasilpresentasiataudiskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantudandibimbing guru

Tugas
·     MembacaQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil
·     Menulis Qs Al-Maun
·     MenghapalQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil



Observasi
MengamatiPelaksanaanhapalansiswadenganmenggunakanlembarobservasi yang memuat:
·     Judulmateri
·     Kemampuanmenghapalterdirikomponen: lancar-sedang- tidaklancar



Portofolio
MembuatlaporantentangkandunganQ.S. Al Falaq, Al-Ma‘un dan Al-Fil




Tes
Kemampuankognitifdenganbentuksoaltespilihanganda

3 x 4 jam pelajaran

·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.1     Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah

4.1     Melakukan pengamatan terhadap makhluk ciptaan Allah di sekitar rumah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada.

Allah itu ada
Mengamati
·      Mencermati menyimak tentang Allah itu ada secara klasikal, kelompok maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh tentang Allah itu ada secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah itu ada
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya siapakah yang yang menciptakan alam semesta ini?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang Allah itu ada baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang Allah itu ada
·      Mengidentifikasi bukti tentang Allah itu ada

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang Allah itu ada secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang Allah itu ada Allah secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang Allah itu ada

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang Allah itu ada
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang tentang Allah itu ada

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang Allah itu ada

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.3     Membaca Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim dan maknanya

3.3      Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim



Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
Mengamati
·        Menyimak maknaAsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
·        Mengamati lafaldan arti AsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang lafaldan arti Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim

·        Mengajukan pertanyaan tentang maknaAsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan lafal dan maknaAsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang    maknaAsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim

·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi sifat Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim Allah SWT dengan sikap manusia dalam perilaku sehari-hari

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang maknaAsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
·        Menyampaikan hasil belajar tentang lafal dan makna AsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
·     Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·        Melakukan pengamatan terhadap lafal dan maknaAsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Makna AsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim
-        sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·        Membuat  catatan  dari hasil diskusi terkait dengan maknaAsmaulHusna: Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim

Tes tertulis
·        Tes dalam bentuk tulisan tentang:  -  makna Al-Bashir, Al-‘Adil, Al-‘Azhim




4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.15   Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw

3.7      Memahami sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar

4.15   Mencontohkan sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW

4.7      Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar

sikap santun dan menghargai teman
Mengamati
·      Menyimak makna sikap santun dan menghargai teman
·      Mengamati makna  sikap santun dan menghargai teman

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang sikap santun dan menghargai teman
·      Mengajukan pertanyaan tentang sikap santun dan menghargai teman

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan sikap santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang sikap santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi sikap santun dan menghargai temanbaik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap santun dan menghargai teman
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap santun dan menghargai teman

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan sikap santun dan menghargai teman
-        sikap santun dan menghargai teman

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·       Membuat  catatan tentang sikap santun dan menghargai teman

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian sikap santun dan menghargai teman


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      sikap santun dan menghargai teman


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.4     Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam

4.4     Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam

tatacara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
Mengamati
·      Menyimak tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar secara klasikal atau individual
·      Mengamati gambar contoh tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya sebutkan Bagaimana caranya bersuci dari hadats kecil dan hadats besar?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar contoh tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar baik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mendiskusikan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besarbaik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
·      Mengidentifikasi tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang contoh tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar secara individual atau kelompok
·      Mempraktikkan/mensimulasikan tata bersuci baik secara individual maupun perwakilan kelompok dengan baik dan benar
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
·      Tugas kelompok Menunjukkan dan menjelaskan gambar tentang tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar
·      Tes kemampuan psikomotorik dengan unjuk kerja/simulasi tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar

3 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
·  Buku Fiqih Ibadah
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.10   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
3.11   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
3.13   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Musa a.s

4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzulkifi a.s.
4.12   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
4.13   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s

keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s,

Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s
·       Mengamati isi kisah Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s yang perlu  diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s
·        Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s (mengidentifikasi).

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s
·        Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladananNabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s  dengan perilaku warga sekolah sehari-hari 

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s
·        Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s
·        Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·        Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s


Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·   Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s
·   Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·   Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s


Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·       Contoh-contoh sikap keteladananNabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·     Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Ayyub a.s., Nabi Dzulkifli a.s., Nabi Harus a.s., Nabi Musa a.s


7 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.4     Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.

4.2     Melakukan pengamatan diri dan alam sekitar sebagai implementasi makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

3.2     Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.

iman kepada malaikat-malaikat Allah
Mengamati
·      Menyimak penjelasan  tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah secara klasikal atau individual
·      Mengamati gambar diri dan alam sekitar baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya apakah makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allahbaik secara klasikal maupun kelompok.
·      Mengidentifikasi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      Menghubungkan kegiatan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah dengan kehidupan sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allahsecara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      Tugas kelompok menceritakan kegiatan tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah dalam kehidupan sehari-hari

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang tentang makna iman kepada malaikat-malaikat Allah

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
·  Buku tentang șalat wajib
·  Gambar/ Poster
·  Kertas/kartu nama-nama șalat wajib dan bilangan rakaatnya
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.8 Memahami sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37

3.9 Memahami perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27

4.8   Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37

4.9   Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27

Sikap rendah hati dan perilaku hemat
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap rendah hati dan perilaku hemat
·      Mengamati gambar tentang sikap rendah hati dan perilaku hemat

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap rendah hati dan perilaku hemat
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap rendah hati dan perilaku hemat

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap rendah hati dan perilaku hemat

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap rendah hati dan perilaku hemat

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap rendah hati dan perilaku hematdengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap rendah hati dan perilaku hemat
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap rendah hati dan perilaku hemat
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap rendah hati dan perilaku hemat

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian sikap rendah hati dan perilaku hemat
-        sikap rendah hati dan perilaku hemat

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·       Membuat  catatan tentang sikap rendah hati dan perilaku hemat

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian sikap rendah hati dan perilaku hemat


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      sikap rendah hati dan perilaku hemat


4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.5  Memahami makna ibadah salat

4.5.1    Memberikan contoh-contoh makna ibadah salat
4.5.2    Menceritakan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.

Makna salat
Mengamati
·        Menyimak maknasalat
·        Mengamati pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah.
·         
Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang maknasalat

·        Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang makna salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah

·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi tentang makna salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumahdalam perilaku sehari-hari

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang tentang makna salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah
·        Menyampaikan hasil belajar tentang makna salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah
·     Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·        Melakukan pengamatapengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        makna salat
-        sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·        Membuat  catatan  dari hasil diskusi terkait dengan tentang makna salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah

Tes tertulis
·        Tes dalam bentuk tulisan tentang: tentang makna salat dan pengalaman melaksanakan salat di rumah dan masjid lingkungan sekitar rumah




4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls IV SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.14      Mengetahui kisah keteladanan wali Songo

4.14      Menceritakan kisah keteladanan wali Songo
kisah wali Songo
Mengamati
·      Menyimak kisah keteladanan kisah keteladanan wali Songo secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan kisah keteladanan wali Songobaik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan kisah keteladanan wali Songo
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan kisah keteladanan wali Songo

Eksperimen/explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan kisah keteladanan wali Songo
·      Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan kisah keteladanan wali Songobaik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan kisah keteladanan wali Songosecara individual atau kelompok
·      Menguhubungkan kisah keteladanan kisah keteladanan wali Songodengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan kisah keteladanan wali Songosecara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang sikap keteladanan kisah keteladanan wali Songo
·      Menceritakan isi gambar tentang bentuk keteladanan kisah keteladanan wali Songo

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang kisah keteladanan wali Songo
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang perilaku keteladanan wali Songodalam kehidupan sehari-hari

Tes
Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap keteladanan wali Songo
2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls IV SD
·  Buku Kisah Keteladanan Wali Songo
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video




















Comments

Popular posts from this blog

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN BESERTA PEMBAHASAN Directions : Question 1-15 are incomplete sentences. Beneath each sentence you will see for words or phrases, marked (A), (B), (C) and (D). You are to choose one word or phrase that best complete the sentence. Example I The swimming instructor came... if the apartment was still available. A. to see B. seeing C. saw D. for seeing The sentence should be read "The swimming instructor came  to see  if the apartment was still available." Therefore, you should choose  A . Now begin work on the questions. 1. The committee has met twice and ....     A. they reached a final decision     B. a final decision was reached     C. its decision was reached     D. it has reached a final decision 2. The manager won't be able to attend the shareholders' meeting tomorrow because....     A. he must to give a lecture     B. ...

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA Alam bawah laut wilayah timur Indonesia memang dikenal masih belum tercemar sehingga biota laut baik flora maupun faunanya masih hidup alamiah di habitatnya. Flores merupakan wilayah Indonesia Timur yang lebih mudah dijangkau karena berdekatan dengan wilayah Indonesia Tengah, yaitu Sumbawa. Popularitas Kekayaan dan keindahan bawah laut Flores pun semakin meningkat seiring dengan naiknya jumlah wisatawan yang datang ke Flores untuk pergi ke P. Komodo. Selain untuk eksplorasi melihat hewan purba tersebut, pastinya para wisatawan datang untuk menikmati kaya nya flora dan fauna di sekitar Laut Flores. Di beberapa pulau kecil yang ada di sekitar Labuan Bajo kini sebagian sudah dibuka untuk umum sebagai resort yang jumlah kamarnya kurang dari 20 rata-rata per pulau sehingga keeksklusivitasan dan privacy setiap pengunjung yang datang akan sangat terjaga. Sebagian pulau tersebut...

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA Kota Batam merupakan Kota Industri dan juga Kota Wisata, untuk menunjang aktivitas para pengusaha serta wisatawan dari daerah lain maupun dari mancanegara, kenyamanan akomodasi merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Hotel-hotel yang berbintang 3 dan 4 dengan kualitas layanan yang memuaskan banyak terdapat di Kota Batam. Sebagai pengetahuan, yang dimaksud dengan Hotel berbintang 3 adalah Hotel yang memiliki minimal 30 kamar, 3 suite room dan restoran sedangkan Hotel berbintang 4 adalah Hotel yang memiliki minimal 50 kamar, 4 suite room, restoran, kolam renang serta fasilitas lainnya seperti tempat Gyms dan Ballroom untuk pesta.Dan tentunya Pelayanan yang berkualitas tinggi merupakan penilaian penting terhadap penentuan rangking Bintang yang dimiliki oleh sebuah Hotel. Berikut ini adalah Daftar Alam...