Skip to main content

SILABUS PAI K13 KELAS V

SILABUS PAI K13 KELAS V
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan          :    SD
Kelas                              :    V(lima)
Kompetensi Inti               :

KI 1      :    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2      :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3      :    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
KI 4      :    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia,

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2   Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
1.3   Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.4   Menunaikan shalat tarawih dan tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya






2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.Al-Ahzab (33): 23
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah ayat 83
2.3  Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma’un
2.4  Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‘Ashr
2.5  Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
2.6  Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan
2.7  Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
2.8  Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
2.9  Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW






3.1   Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi

1.Rasul Allah
2. Nabi Ulul Azmi
Mengamati
·      Mencermati nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara klasikal atau individual
·      Mendiskusikan nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara kelompok.
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmisecara kelompok.

Menanya
·      memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa terdapat Nabi Ulul Azmi?
·      Apa bukti/peristiwa seseorang dikategorikan Nabi Ulul Azmi?

Eksperimen/explore
·      Diskusi tentang arti Nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi secara klasikal atau individual
·      Menujukkan perbedaan  Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi.

Asosiasi
·      Menganalisis  perbedaan Rasul dan Ulul Azmi
·      Menganalisis mu’jizat Nabi Ulul Azmi
·      Menyimpulkan bukti  Nabi Ulul Azmi

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang Nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi secara kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
Tugas
Berpasangan menyebutkan Nabi Ulul Azmi

Portofolio
Membuat laporan tentang peristiwa yang menjadikan seseorang dikategorkan Nabi Ulul Azmi

Tes
Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda






























2 x 4 jam pelajaran

·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah Nabi dan Rasul
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.2   Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman
kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya
Mengamati
·      Mendengar cerita kitab suci dan para nabi yang menerimanya.
·      Mencermati kandungan ajaran pokok kitab suci secara klasikal atau individual

Menanya
 memotivasi siswa bertanya, misalnya :
 Mengapa kita berpedoman pada ajaran al-Qur’an?
·      Apa saja nilai-nilai yang ada dalam al- Qur’an?

Eksperimen/explore
·      Mendiskusikan tentang kandungan kitab suci yang diberikan kepada para rasul
·      Menganalisis kandungan masing-masing kitab suci Allah


Asosiasi
·      Menganalisis nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’an
·      Menyimpulkan nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’an

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang  isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an yang dibaca secara kelompok atau individual
·       Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Tugas
Menuliskan kandungan isi Al-Qur’an

Portofolio
Membuat laporan tentang kandungan isi al-Qur’an

Tes
Kemampuan kognitif dengan dengan bentuk soal tes pilihan ganda














2 x 4 jam pelajaran

·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah Nabi dan Rasul
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.3   Mengetahui makna Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan benar

4.1  Membaca Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.2  Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.3  Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar

QS. Al-Maun

Mengamati
·      Membaca Al-Qur’an surat Al-Maun dengan memperhatikan  makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual.
·      Membaca secara berulang-ulang sampai hafal surat Al-Maun dengan memperhatikan makhraj hurufnya.
·      Mendemontrasikan hafalan SuratAl-Maun, secara klasikal, kelompok atau individual.

Menanya
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa membaca al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf yang benar?
·      Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?

Eksperimen/explore
·      Diskusi tentang arti QS Al-Maun secara kelompok
·      Diskusi tentang isi kandungan QS Al-Maun secara kelompok

Asosiasi
·      Menulis QS Al-Maun dengan benar secara individu
·      Mencermati arti QS Al-Maun
·      Mencermati isi kandungan QS Al-Maun
·      Menyimpulkan kandungan QS Al-Maun

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan  isi kandungan QS Al-Maun secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Membaca QS Al-Maun
·      Menulis QS Al-Maun
·      Menghapal QS Al-Maun

Observasi
Mengamati Pelaksanaan hapalan siswa dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·      Judul materi
·      Kemampuan menghapal terdiri komponen: lancar-sedang- tidak lancar

Portofolio
Membuat laporan tentang kandungan Qs Al-Maun

Tes
Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda

4 x 4 jam pelajaran

·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.4   Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad

Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
Mengamati
·      Membaca buku teks tentang Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·      Menonton film/video tentang Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·      Menyebutkan arti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad

Menanya
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa Allah menghidupkan manusia dan Allah pula yang mematikan?
·      Bagaimana jika Allah lebih dari Satu?

Eksperimen/explore
·      Diskusi tentang arti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad secara klasikal atau individual
·      Menujukkan bukti akan Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.

Asosiasi
·      Menganalisis  bukti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.
·      Menyimpulkan bukti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad secara kelompok
·       Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Tugas
Berpasangan menyebutkan arti  Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad

Portofolio
Membuat laporan tentang bukti  Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad




Tes
Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda

4 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Pengayaan Asmaul Husna
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.5   Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia

Hikmah puasa Ramadhan
Mengamati
·      Menyimak hikmah puasa Ramadhan secara klasikal atau individual

Menanya
·      memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah puasa Ramadhan?


Eksperimen/explore
·      Diskusi tentang hikmah puasa Ramadhan

Asosiasi
·      Mengidentifikasi hikmah- puasa Ramadhan dalam membentuk akhlak mulia
·      Menyimpulkan hasil identifikasipuasa Ramadhan

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah puasa Ramadhan dan pembentukan aklak mulia
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Portofolio
Membuat laporan tentang  hikmah puasa Ramadhan


Tes
Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda

1 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Pedoman Puasa Ramashan
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.6   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

Kisah Keteladanan Nabi Dawud a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Dawud a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Dawud a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Dawud a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Dawud a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Dawud a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Dawud a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Dawud a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Dawud a.s.

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.7   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Sulaiman a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Sulaiman a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Sulaiman a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Sulaiman a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Sulaiman a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Sulaiman a.s.

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.8   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

4.12   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Ilyas a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Ilyas a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ilyas a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ilyas a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ilyas a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ilyas a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Ilyas a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ilyas a.s.

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.9   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

4.13   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Ilyasa’ a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ilyasa’ a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ilyasa’ a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ilyasa’ a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Ilyasa’a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ilyasa’ a.s.

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.10   Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran

4.14   Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
kisah Luqman dalam Al-Qur’an
Mengamati
·      Menyimak kisah keteladanan kisah keteladanan Luqman secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan kisah keteladanan Luqman baik secara klasikal atau individual

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan kisah keteladanan Luqman
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan kisah keteladanan Luqman

Eksperimen/explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada kisah keteladanan kisah keteladanan Luqman
·      Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman baik secara klasikal maupun kelompok.

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman secara individual atau kelompok
·      Menguhubungkan kisah keteladanan kisah keteladanan Luqman dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang sikap keteladanan kisah keteladanan Luqman
·      Menceritakan isi gambar tentang bentuk keteladanan kisah keteladanan Luqman

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang kisah keteladanan Luqman
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang perilaku keteladanan Luqman dalam kehidupan sehari-hari

Tes
Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap keteladanan Luqman
3 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
·  Buku Kisah Keteladanan Luqman
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.4  Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
Perilaku saling mengingatkan
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku saling mengingatkan
·      Mengamati gambar tentang perilaku saling mengingatkan

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku saling mengingatkan
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku saling mengingatkan

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku saling mengingatkan

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku saling mengingatkan

·      Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku saling mengingatkan dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku saling mengingatkan
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku saling mengingatkan
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh perilaku saling mengingatkan

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian perilaku saling mengingatkan
-        perilaku saling mengingatkan

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·     Membuat  catatan tentang perilaku saling mengingatkan

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian perilaku saling mengingatkan


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      perilaku saling mengingatkan


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.5  Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maun
Perilaku suka menolong
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku suka menolong
·      Mengamati gambar tentang perilaku suka menolong

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku suka menolong
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku suka menolong

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku suka menolong

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku suka menolong

·      Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku suka menolong dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku suka menolong
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku suka menolong
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh perilaku suka menolong

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian perilaku suka menolong
-        perilaku suka menolong

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·     Membuat  catatan tentang perilaku suka menolong

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian perilaku suka menolong


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      perilaku suka menolong


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.6  Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
Sikap menghargai pendapat
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap menghargai pendapat
·      Mengamati gambar tentang sikap menghargai pendapat

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap menghargai pendapat
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap menghargai pendapat

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap menghargai pendapat

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap menghargai pendapat

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap menghargai pendapat dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap menghargai pendapat
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap menghargai pendapat
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap menghargai pendapat

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian sikap menghargai pendapat
-        sikap menghargai pendapat

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·     Membuat  catatan tentang sikap menghargai pendapat

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian sikap menghargai pendapat


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      sikap menghargai pendapat


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.7  Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67
Sikap sederhana
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap sederhana
·      Mengamati gambar tentang sikap sederhana

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap sederhana
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap sederhana

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap sederhana

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap sederhana

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap sederhana dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap sederhana
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap sederhana
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap sederhana

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian sikap sederhana
-        sikap sederhana

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·     Membuat  catatan tentang sikap sederhana

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian sikap sederhana


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      sikap sederhana


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.8  Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5
Sikap ikhlas
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap ikhlas
·      Mengamati gambar tentang sikap ikhlas

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap ikhlas
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap ikhlas

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap ikhlas

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap ikhlas

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap ikhlas dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap ikhlas
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap ikhlas
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap ikhlas

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian sikap ikhlas
-        sikap ikhlas

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·     Membuat  catatan tentang sikap ikhlas

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian sikap ikhlas


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      sikap ikhlas


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.9  Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW
Sikap tabligh
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap tabligh
·      Mengamati gambar tentang sikap tabligh

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap tabligh
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap tabligh

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap tabligh

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap tabligh

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap tabligh dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap tabligh
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap tabligh
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap tabligh

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian sikap tabligh
-        sikap tabligh

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·     Membuat  catatan tentang sikap tabligh

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian sikap tabligh


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      sikap tabligh


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video




















Comments

Popular posts from this blog

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN BESERTA PEMBAHASAN Directions : Question 1-15 are incomplete sentences. Beneath each sentence you will see for words or phrases, marked (A), (B), (C) and (D). You are to choose one word or phrase that best complete the sentence. Example I The swimming instructor came... if the apartment was still available. A. to see B. seeing C. saw D. for seeing The sentence should be read "The swimming instructor came  to see  if the apartment was still available." Therefore, you should choose  A . Now begin work on the questions. 1. The committee has met twice and ....     A. they reached a final decision     B. a final decision was reached     C. its decision was reached     D. it has reached a final decision 2. The manager won't be able to attend the shareholders' meeting tomorrow because....     A. he must to give a lecture     B. ...

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA Alam bawah laut wilayah timur Indonesia memang dikenal masih belum tercemar sehingga biota laut baik flora maupun faunanya masih hidup alamiah di habitatnya. Flores merupakan wilayah Indonesia Timur yang lebih mudah dijangkau karena berdekatan dengan wilayah Indonesia Tengah, yaitu Sumbawa. Popularitas Kekayaan dan keindahan bawah laut Flores pun semakin meningkat seiring dengan naiknya jumlah wisatawan yang datang ke Flores untuk pergi ke P. Komodo. Selain untuk eksplorasi melihat hewan purba tersebut, pastinya para wisatawan datang untuk menikmati kaya nya flora dan fauna di sekitar Laut Flores. Di beberapa pulau kecil yang ada di sekitar Labuan Bajo kini sebagian sudah dibuka untuk umum sebagai resort yang jumlah kamarnya kurang dari 20 rata-rata per pulau sehingga keeksklusivitasan dan privacy setiap pengunjung yang datang akan sangat terjaga. Sebagian pulau tersebut...

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA Kota Batam merupakan Kota Industri dan juga Kota Wisata, untuk menunjang aktivitas para pengusaha serta wisatawan dari daerah lain maupun dari mancanegara, kenyamanan akomodasi merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Hotel-hotel yang berbintang 3 dan 4 dengan kualitas layanan yang memuaskan banyak terdapat di Kota Batam. Sebagai pengetahuan, yang dimaksud dengan Hotel berbintang 3 adalah Hotel yang memiliki minimal 30 kamar, 3 suite room dan restoran sedangkan Hotel berbintang 4 adalah Hotel yang memiliki minimal 50 kamar, 4 suite room, restoran, kolam renang serta fasilitas lainnya seperti tempat Gyms dan Ballroom untuk pesta.Dan tentunya Pelayanan yang berkualitas tinggi merupakan penilaian penting terhadap penentuan rangking Bintang yang dimiliki oleh sebuah Hotel. Berikut ini adalah Daftar Alam...