MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas : V(lima)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia,
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2 Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai
pedoman hidup
1.3 Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman
rukun Islam
1.4
Menunaikan shalat tarawih dan
tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan
rasul-Nya
|
|
|
|
|
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.Al-Ahzab
(33): 23
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama
anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah ayat 83
2.3 Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Ma’un
2.4 Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Al-‘Ashr
2.5 Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Az-Zumar ayat 18
2.6 Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari
pemahaman puasa Ramadhan
2.7 Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Furqon ayat 67
2.8 Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Bayyinah ayat 5
2.9 Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladan Nabi Muhammad SAW
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi
|
1.Rasul
Allah
2.
Nabi Ulul Azmi
|
Mengamati
·
Mencermati nama-nama Rasul Allah
SWT dan Rasul Ulul Azmi secara klasikal atau individual
·
Mendiskusikan nama-nama Rasul
Allah SWT dan Rasul Ulul Azmi secara kelompok.
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang nama-nama Rasul Allah SWT dan Rasul Ulul Azmisecara
kelompok.
Menanya
·
memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa
terdapat Nabi Ulul Azmi?
·
Apa bukti/peristiwa seseorang dikategorikan Nabi Ulul Azmi?
Eksperimen/explore
·
Diskusi tentang arti Nama-nama Rasul Allah dan
Rasul Ulul Azmi secara klasikal atau individual
·
Menujukkan perbedaan Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi.
Asosiasi
·
Menganalisis
perbedaan Rasul dan Ulul Azmi
·
Menganalisis mu’jizat Nabi Ulul Azmi
·
Menyimpulkan bukti Nabi Ulul Azmi
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang
Nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi secara kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
Berpasangan
menyebutkan Nabi Ulul Azmi
Portofolio
Membuat laporan tentang peristiwa yang menjadikan seseorang dikategorkan Nabi Ulul Azmi
Tes
Kemampuan
kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku Kisah Nabi dan Rasul
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.2 Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya
sebagai implementasi rukun iman
|
kitab-kitab suci melalui
rasul-rasul-Nya
|
Mengamati
·
Mendengar cerita kitab suci dan para nabi yang
menerimanya.
·
Mencermati kandungan ajaran pokok kitab suci
secara klasikal atau individual
Menanya
memotivasi siswa bertanya, misalnya :
Mengapa kita berpedoman pada ajaran
al-Qur’an?
·
Apa saja
nilai-nilai yang ada dalam al- Qur’an?
Eksperimen/explore
·
Mendiskusikan tentang kandungan kitab suci yang diberikan kepada para rasul
·
Menganalisis
kandungan masing-masing kitab suci Allah
Asosiasi
·
Menganalisis nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’an
·
Menyimpulkan
nilai-nilai pedoman hidup dalam al-Qur’an
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an yang dibaca secara kelompok
atau individual
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan
dibimbing guru
|
Tugas
Menuliskan
kandungan isi Al-Qur’an
Portofolio
Membuat laporan tentang kandungan isi
al-Qur’an
Tes
Kemampuan
kognitif dengan dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku Kisah Nabi dan Rasul
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.3 Mengetahui makna Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan benar
4.1 Membaca Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
4.2 Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik
dan benar
4.3 Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Maun dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar
|
QS. Al-Maun
|
Mengamati
·
Membaca Al-Qur’an
surat Al-Maun dengan memperhatikan
makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual.
·
Membaca
secara berulang-ulang sampai hafal surat Al-Maun dengan memperhatikan makhraj
hurufnya.
·
Mendemontrasikan
hafalan SuratAl-Maun, secara klasikal, kelompok atau individual.
Menanya
·
Memotivasi siswa
bertanya, misalnya : mengapa membaca al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf
yang benar?
·
Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?
Eksperimen/explore
·
Diskusi tentang arti QS Al-Maun
secara kelompok
·
Diskusi tentang isi kandungan QS
Al-Maun secara kelompok
Asosiasi
·
Menulis QS Al-Maun dengan benar
secara individu
·
Mencermati arti QS Al-Maun
·
Mencermati isi kandungan QS
Al-Maun
·
Menyimpulkan kandungan QS Al-Maun
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang arti dan isi kandungan QS Al-Maun secara kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi atau
diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
·
Membaca QS Al-Maun
·
Menulis QS Al-Maun
·
Menghapal QS Al-Maun
Observasi
Mengamati Pelaksanaan
hapalan siswa dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Judul materi
·
Kemampuan menghapal terdiri komponen:
lancar-sedang- tidak lancar
Portofolio
Membuat laporan tentang
kandungan Qs Al-Maun
Tes
Kemampuan kognitif dengan
bentuk soal tes pilihan ganda
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.4 Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
|
Asmaul Husna: Al-Mumit,
Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
|
Mengamati
·
Membaca buku teks tentang Asma ul
Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·
Menonton film/video tentang Asma
ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
·
Menyebutkan arti Asma ul Husna:
Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
Menanya
·
Memotivasi siswa
bertanya, misalnya : mengapa Allah menghidupkan manusia dan Allah pula yang
mematikan?
·
Bagaimana jika Allah lebih dari
Satu?
Eksperimen/explore
·
Diskusi tentang arti Asma ul
Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad secara klasikal atau individual
·
Menujukkan bukti akan Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy,
Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.
Asosiasi
·
Menganalisis bukti Asma ul Husna:
Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyimpulkan bukti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy,
Al-Qayum, Al-Ahad dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang arti Asma ul Husna: Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad secara
kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan
dibimbing guru
|
Tugas
Berpasangan
menyebutkan arti Asma ul Husna:
Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
Portofolio
Membuat
laporan tentang bukti Asma ul Husna:
Al-Mumit, Al-Hayy, Al-Qayum, Al-Ahad
Tes
Kemampuan
kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku Pengayaan Asmaul Husna
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.5 Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia
|
Hikmah puasa Ramadhan
|
Mengamati
·
Menyimak hikmah puasa Ramadhan secara klasikal
atau individual
Menanya
·
memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa
hikmah puasa Ramadhan?
Eksperimen/explore
·
Diskusi tentang hikmah puasa
Ramadhan
Asosiasi
·
Mengidentifikasi hikmah- puasa Ramadhan dalam
membentuk akhlak mulia
·
Menyimpulkan hasil identifikasipuasa Ramadhan
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang hikmah puasa Ramadhan dan pembentukan aklak mulia
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Portofolio
Membuat laporan
tentang hikmah puasa Ramadhan
Tes
Kemampuan kognitif dengan
bentuk soal tes pilihan ganda
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku Pedoman Puasa Ramashan
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.6 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
4.10 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Dawud a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Dawud
a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Dawud a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan
Nabi Dawud a.s.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Dawud a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Dawud
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Dawud a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Dawud a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Dawud a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Dawud a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Dawud a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Dawud a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Dawud a.s.
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
4.11 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Sulaiman
a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Sulaiman a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Sulaiman
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Sulaiman a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Sulaiman
a.s. secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Sulaiman a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Sulaiman a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Sulaiman a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Sulaiman a.s.
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
4.12
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Ilyas a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Ilyas a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Ilyas
a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ilyas a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Ilyas a.s.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ilyas
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Ilyas a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ilyas a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ilyas a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ilyas a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Ilyas a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Ilyas a.s.
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
4.13
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Ilyasa’ a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Ilyasa’
a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ilyasa’
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Ilyasa’ a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ilyasa’ a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ilyasa’
a.s. secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ilyasa’ a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ilyasa’ a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Ilyasa’a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Ilyasa’ a.s.
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.10 Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran
|
kisah Luqman
dalam Al-Qur’an
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan kisah keteladanan Luqman secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan kisah
keteladanan Luqman baik secara klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang ketelaladanan kisah keteladanan Luqman
· Mengajukan pertanyaan terkait dengan keteladanan kisah
keteladanan Luqman
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mendiskusikan perilaku terpuji yang terdapat pada
kisah keteladanan kisah keteladanan Luqman
· Secara berpasangan mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman baik secara klasikal maupun
kelompok.
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan kisah keteladanan Luqman secara individual atau
kelompok
· Menguhubungkan kisah keteladanan kisah keteladanan Luqman dengan sikap kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
Komunikasi
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan kisah
keteladanan Luqman secara kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang sikap keteladanan kisah
keteladanan Luqman
· Menceritakan isi gambar tentang bentuk keteladanan kisah keteladanan Luqman
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterait
dengan
· menceritakan isi gambar tentang kisah keteladanan Luqman
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
· Membuat paparan tentang perilaku keteladanan Luqman dalam kehidupan sehari-hari
Tes
Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang sikap keteladanan
Luqman
|
3 x 4
jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls V SD
· Buku Kisah Keteladanan Luqman
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai
implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin
|
Perilaku
saling mengingatkan
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku saling mengingatkan
· Mengamati gambar tentang perilaku saling mengingatkan
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku saling mengingatkan
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku
saling mengingatkan
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku
saling mengingatkan
Asosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku
saling mengingatkan
·
Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku saling mengingatkan dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku
saling mengingatkan
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku
saling mengingatkan
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh perilaku saling mengingatkan
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian perilaku saling mengingatkan
-
perilaku saling mengingatkan
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang perilaku saling mengingatkan
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian perilaku saling mengingatkan
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
perilaku saling mengingatkan
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.5 Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al-Maun
|
Perilaku
suka menolong
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku suka menolong
· Mengamati gambar tentang perilaku suka menolong
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku suka menolong
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku
suka menolong
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku
suka menolong
Asosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku
suka menolong
·
Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku suka menolong dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku
suka menolong
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku
suka menolong
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh perilaku suka menolong
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian perilaku suka menolong
-
perilaku suka menolong
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang perilaku suka menolong
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian perilaku suka menolong
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
perilaku suka menolong
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.6 Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18
|
Sikap
menghargai pendapat
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap menghargai pendapat
· Mengamati gambar tentang sikap menghargai pendapat
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap menghargai pendapat
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap
menghargai pendapat
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap
menghargai pendapat
Asosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap
menghargai pendapat
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap menghargai pendapat dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap
menghargai pendapat
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap
menghargai pendapat
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh sikap menghargai pendapat
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian sikap menghargai pendapat
-
sikap menghargai pendapat
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap menghargai pendapat
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap menghargai pendapat
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
sikap menghargai pendapat
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.7 Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Furqon ayat 67
|
Sikap
sederhana
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap sederhana
· Mengamati gambar tentang sikap sederhana
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap sederhana
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap
sederhana
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap
sederhana
Asosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap
sederhana
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap sederhana dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap
sederhana
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap
sederhana
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh sikap sederhana
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian sikap sederhana
-
sikap sederhana
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap sederhana
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap sederhana
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
sikap sederhana
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.8 Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah
ayat 5
|
Sikap
ikhlas
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap ikhlas
· Mengamati gambar tentang sikap ikhlas
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap ikhlas
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap ikhlas
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap
ikhlas
Asosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap
ikhlas
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap ikhlas dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap
ikhlas
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap
ikhlas
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh sikap ikhlas
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian sikap ikhlas
-
sikap ikhlas
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap ikhlas
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap ikhlas
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
sikap ikhlas
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.9 Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladan Nabi Muhammad SAW
|
Sikap
tabligh
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap tabligh
· Mengamati gambar tentang sikap tabligh
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap tabligh
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap
tabligh
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap
tabligh
Asosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap
tabligh
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap tabligh dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap
tabligh
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap tabligh
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh sikap tabligh
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian sikap tabligh
-
sikap tabligh
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap tabligh
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap tabligh
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
sikap tabligh
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls V SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
Comments
Post a Comment