Skip to main content

SILABUS PAI K13 KELAS VI

SILABUS PAI K13 KELAS VI
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan          :    SD
Kelas                              :    VI(enam)
Kompetensi Inti               :

KI 1      :    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2      :    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3      :    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
KI 4      :    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia,

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2   Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman
1.3   Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4   Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam
1.5   Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2
1.6   Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2






2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ahzab (33): 70
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3  Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5):2
2.4  Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 12
2.5  Memiliki perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49):13
2.6  Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.7  Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.8  Memiliki sikap berserah diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An’am (6):162-163
2.9  Memiliki sikap fathanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW





3.1  Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar

4.1   Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar
4.2   Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.3   Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
QS. Al-Kafirun dan Al-Maidah

Mengamati
·      Membaca Al-Qur’an surat Al-Kafirun dan Al-Maidah dengan memperhatikan  makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok atau individual.
·      Membaca secara berulang-ulang sampai hafal suratAl-Kafirun dan Al-Maidah dengan memperhatikan makhraj hurufnya.
·      Mendemontrasikan hafalan SuratAl-Kafirun dan Al-Maidah, secara klasikal, kelompok atau individual.

Menanya
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa membaca al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf yang benar?
·      Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?

Eksperimen/explore
·      Diskusi tentang arti QS Al-Kafirun dan Al-Maidah secara kelompok
·      Diskusi tentang isi kandungan QS Al-Kafirun dan Al-Maidah secara kelompok

Asosiasi
·      Menulis QS Al-Kafirun dan Al-Maidah dengan benar secara individu
·      Mencermati arti QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
·      Mencermati isi kandungan QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
·      Menyimpulkan kandungan QS Al-Kafirun dan Al-Maidah

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti dan  isi kandungan QSAl-Kafirun dan Al-Maidah
·       secara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Membaca QSAl-Kafirun dan Al-Maidah
·      Menulis QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
·      Menghapal QSAl-Kafirun dan Al-Maidah

Observasi
Mengamati Pelaksanaan hapalan siswa dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·      Judul materi
·      Kemampuan menghapal terdiri komponen: lancar-sedang- tidak lancar

Portofolio
Membuat laporan tentang kandungan Qs Al-Kafirun dan Al-Maidah

Tes
Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda dan essay

4 x 4 jam pelajaran

·  Al Quran dan terjemahnya
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.4   Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2

Perilaku toleran dan simpati
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang perilaku toleran dan simpati
·      Mengamati gambar tentang perilaku toleran dan simpati

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku toleran dan simpati
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku toleran dan simpati

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku toleran dan simpati

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku toleran dan simpati

·      Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku toleran dan simpati dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku toleran dan simpati
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku toleran dan simpati
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh perilaku toleran dan simpati

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian perilaku toleran dan simpati
-        perilaku toleran dan simpati

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·     Membuat  catatan tentang perilaku toleran dan simpati

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian perilaku toleran dan simpati


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      perilaku toleran dan simpati


1 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls VI SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.5   Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman

Qadha dan qadar
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang contoh qadha dan qadar
·      Mengamati gambar tentang contoh qadha dan qadar

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang contoh qadha dan qadar
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang contoh qadha dan qadar

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang contoh qadha dan qadar

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang contoh qadha dan qadar

·      Menguhubungkan pelajaran tentang contoh qadha dan qadar dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh qadha dan qadar
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang contoh qadha dan qadar
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh contoh qadha dan qadar

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian contoh qadha dan qadar
-        contoh qadha dan qadar

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·     Membuat  catatan tentang contoh qadha dan qadar

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian contoh qadha dan qadar


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      contoh qadha dan qadar


1 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls VI SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.6   Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al Hujurat (49): 12

Sikap berbaik sangka kepada sesama
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang sikap berbaik sangka kepada sesama
·      Mengamati gambar tentang sikap berbaik sangka kepada sesama

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap berbaik sangka kepada sesama
·      Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap berbaik sangka kepada sesama

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap berbaik sangka kepada sesama

Asosiasi
·      Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap berbaik sangka kepada sesama

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap berbaik sangka kepada sesama dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap berbaik sangka kepada sesama
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap berbaik sangka kepada sesama
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap berbaik sangka kepada sesama

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian sikap berbaik sangka kepada sesama
-        sikap berbaik sangka kepada sesama

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·     Membuat  catatan tentang sikap berbaik sangka kepada sesama

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian sikap berbaik sangka kepada sesama


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      sikap berbaik sangka kepada sesama


1 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls VI SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
4.7   Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13






3.2  Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
Mengamati
·      Membaca buku teks tentang Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
·      Menonton film/video tentang Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
·      Menyebutkan arti Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi

Menanya
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya : mengapa Allah menghidupkan manusia dan Allah pula yang mematikan?
·      Bagaimana jika Allah lebih dari Satu?

Eksperimen/explore
·      Diskusi tentang arti Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi secara klasikal atau individual
·      Menujukkan bukti akan Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi dalam kehidupan sehari-hari.

Asosiasi
·      Menganalisis  bukti Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi dalam kehidupan sehari-hari.
·      Menyimpulkan bukti Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi dalam kehidupan sehari-hari.

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang arti Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqisecara kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Tugas
Berpasangan menyebutkan arti  Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi

Portofolio
Membuat laporan tentang bukti  Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi




Tes
Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda dan essay

4 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Buku Pengayaan Asmaul Husna
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.3  Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
Hikmah beriman kepada hari akhir
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang hikmah beriman kepada hari akhir secara klasikal atau individual

Menanya
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah beriman kepada hari akhir ?
·      Berikan contoh prilaku yang mencerminkan iman kepada hari akhir!


Eksperimen/explore
·      Diskusi tentang hikmah beriman pada hari akhir
·      Menganalisis sikap yang mencerminkan iman kepada hari akhir

Asosiasi
·      Mengidentifikasi hikmah-hikmah beriman pada hari akhir
·      Menyimpulkan hasil identifikasi (hikmah pada hari akhir)

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah pada hari akhir
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing


Portofolio
Membuat laporan tentang  perilaku yang mencerminkan hikmah beriman kepada hari akhir


Tes
Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan gandadan essay

2 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.4  Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia
Hikmah beriman kepada hari akhir
Mengamati
·      Menyimak penjelasan tentang hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar secara klasikal atau individual

Menanya
·      Memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar?
·      Berikan contoh prilaku yang mencerminkanberiman kepada Qadha dan Qadar!


Eksperimen/explore
·      Diskusi tentang hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar
·      Menganalisis sikap yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar

Asosiasi
·      Mengidentifikasi hikmah-hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar
·      Menyimpulkan hasil identifikasi (hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar)

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang beriman kepada Qadha dan Qadar
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing


Portofolio
Membuat laporan tentang  perilaku yang mencerminkan hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar


Tes
Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda dan essay

2 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.5  Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam
Hikmah zakat, infaq dan sedekah
Mengamati
·      Menyimak hikmah zakat, infaq dan sedekah secara klasikal atau individual

Menanya
·      memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah zakat, infaq dan sedekah?


Eksperimen/explore
·      Diskusi tentang hikmah zakat, infaq dan sedekah

Asosiasi
·      Mengidentifikasi hikmah- puasa Ramadhan dalam membentuk akhlak mulia
·      Menyimpulkan hasil identifikasipuasa Ramadhan

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah zakat, infaq dan sedekah dan pembentukan aklak mulia
·      Menanggapi hasil presentasi atau diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat resume dibantu dan dibimbing guru

Portofolio
Membuat laporan tentang  hikmah zakat, infaq dan sedekah

Tes
Kemampuan kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda dan essay

1 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Buku Pedoman Puasa Ramashan
·  Poster tulisan
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.6  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.

4.8   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Yunus a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Yunus a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Yunus a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Yunus a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Yunus a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Yunus a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Yunus a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Yunus a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Yunus a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Yunus a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Yunusa.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Yunus a.s.

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.7  Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.

4.9   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Zakariya a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Zakariya a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Zakariya a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Zakariya a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Zakariya a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Zakariya a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Zakariya a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Zakariya a.s.

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.8     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.

4.10   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Yahya a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Yahya a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Yahya a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Yahya a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Yahya a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Yahya a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Yahya a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Yahya a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Yahya a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Yahya a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Yahya a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Yahya a.s.

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.9     Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.

4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
Kisah Keteladanan Nabi Isa a.s.
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Isa a.s. secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Isa a.s. baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Isa a.s. baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Isa a.s.
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Isa a.s.

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Isa a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Isa a.s. secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Isa a.s. secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Isa a.s.

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Isa a.s.
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Isa a.s.

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Isa a.s.

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.10   Mengetahui kisah Nabi Muhammad saw

4.12   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
Kisah Keteladanan Nabi Muhammad saw
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Muhammad saw secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Muhammad saw
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Muhammad saw secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Muhammad saw

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Muhammad saw
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Muhammad saw

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Muhammad saw

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.11   Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

4.13   Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
Kisah Keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Quran

4.14   Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an
Kisah Keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
Mengamati
·      Menyimak  kisah keteladanan nabi Ashabul Kahfi secara klasikal maupun individual.
·      Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ashabul Kahfi baik secara klasikal atau individual


Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
·      Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?

Eksperimen/Explore
·      Mendiskusikan isi gambar tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi baik secara klasikal maupun kelompok

Asosiasi
·      Membuat rumusan hasil diskusi  tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
·      Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ashabul Kahfi

Komunikasi
·      Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji Nabi Ashabul Kahfi secara individu maupun perwakilan kelompok
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi secara kelompok
·      Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi secara individual atau kelompok
·      Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·      Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru

Tugas
·      Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ashabul Kahfi

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasiterkait dengan
·      menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ashabul Kahfi
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok

Portofolio
·      Membuat paparan tentang keteladanan nabi Ashabul Kahfi

Tes
·      Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
·      Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ashabul Kahfi

2 x 4jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
·  Buku Kisah Ashabul Kahfi
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video




















Comments

Popular posts from this blog

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN BESERTA PEMBAHASAN Directions : Question 1-15 are incomplete sentences. Beneath each sentence you will see for words or phrases, marked (A), (B), (C) and (D). You are to choose one word or phrase that best complete the sentence. Example I The swimming instructor came... if the apartment was still available. A. to see B. seeing C. saw D. for seeing The sentence should be read "The swimming instructor came  to see  if the apartment was still available." Therefore, you should choose  A . Now begin work on the questions. 1. The committee has met twice and ....     A. they reached a final decision     B. a final decision was reached     C. its decision was reached     D. it has reached a final decision 2. The manager won't be able to attend the shareholders' meeting tomorrow because....     A. he must to give a lecture     B. ...

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA Alam bawah laut wilayah timur Indonesia memang dikenal masih belum tercemar sehingga biota laut baik flora maupun faunanya masih hidup alamiah di habitatnya. Flores merupakan wilayah Indonesia Timur yang lebih mudah dijangkau karena berdekatan dengan wilayah Indonesia Tengah, yaitu Sumbawa. Popularitas Kekayaan dan keindahan bawah laut Flores pun semakin meningkat seiring dengan naiknya jumlah wisatawan yang datang ke Flores untuk pergi ke P. Komodo. Selain untuk eksplorasi melihat hewan purba tersebut, pastinya para wisatawan datang untuk menikmati kaya nya flora dan fauna di sekitar Laut Flores. Di beberapa pulau kecil yang ada di sekitar Labuan Bajo kini sebagian sudah dibuka untuk umum sebagai resort yang jumlah kamarnya kurang dari 20 rata-rata per pulau sehingga keeksklusivitasan dan privacy setiap pengunjung yang datang akan sangat terjaga. Sebagian pulau tersebut...

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA Kota Batam merupakan Kota Industri dan juga Kota Wisata, untuk menunjang aktivitas para pengusaha serta wisatawan dari daerah lain maupun dari mancanegara, kenyamanan akomodasi merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Hotel-hotel yang berbintang 3 dan 4 dengan kualitas layanan yang memuaskan banyak terdapat di Kota Batam. Sebagai pengetahuan, yang dimaksud dengan Hotel berbintang 3 adalah Hotel yang memiliki minimal 30 kamar, 3 suite room dan restoran sedangkan Hotel berbintang 4 adalah Hotel yang memiliki minimal 50 kamar, 4 suite room, restoran, kolam renang serta fasilitas lainnya seperti tempat Gyms dan Ballroom untuk pesta.Dan tentunya Pelayanan yang berkualitas tinggi merupakan penilaian penting terhadap penentuan rangking Bintang yang dimiliki oleh sebuah Hotel. Berikut ini adalah Daftar Alam...