MATA PELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas : VI(enam)
Kompetensi Inti :
KI 1 : Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda -benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia,
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
1.2 Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman
1.3 Menyakini adanya Qadha dan Qadar
1.4 Menunaikan kewajiban berzakat sebagai implementasi dari pemahaman rukun
Islam
1.5 Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5):
2
1.6 Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah
(5): 2
|
|
|
|
|
|
2.1 Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ahzab
(33): 70
2.2 Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama
anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36
2.3 Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi
dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5):2
2.4 Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari
pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 12
2.5 Memiliki perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
Al-Hujurat (49):13
2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir
2.7 Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar
2.8 Memiliki sikap berserah diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-An’am (6):162-163
2.9 Memiliki sikap fathanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi
Muhammad SAW
|
|
|
|
|
|
3.1 Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.1 Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar
4.2 Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
4.3 Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar
|
QS. Al-Kafirun dan
Al-Maidah
|
Mengamati
·
Membaca Al-Qur’an
surat Al-Kafirun dan Al-Maidah dengan memperhatikan makhraj hurufnya secara klasikal, kelompok
atau individual.
·
Membaca
secara berulang-ulang sampai hafal suratAl-Kafirun dan Al-Maidah dengan
memperhatikan makhraj hurufnya.
·
Mendemontrasikan
hafalan SuratAl-Kafirun dan Al-Maidah, secara klasikal, kelompok atau
individual.
Menanya
·
Memotivasi siswa
bertanya, misalnya : mengapa membaca al-Qur’an harus dengan makhrijul huruf
yang benar?
·
Bagaimana jika kita salah membaca makharijul huruf?
Eksperimen/explore
·
Diskusi tentang arti QS Al-Kafirun
dan Al-Maidah secara kelompok
·
Diskusi tentang isi kandungan QS Al-Kafirun
dan Al-Maidah secara kelompok
Asosiasi
·
Menulis QS Al-Kafirun dan
Al-Maidah dengan benar secara individu
·
Mencermati arti QS Al-Kafirun dan
Al-Maidah
·
Mencermati isi kandungan QS Al-Kafirun
dan Al-Maidah
·
Menyimpulkan kandungan QS Al-Kafirun
dan Al-Maidah
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang
arti dan isi kandungan QSAl-Kafirun
dan Al-Maidah
·
secara kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi atau
diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
·
Membaca QSAl-Kafirun dan Al-Maidah
·
Menulis QS Al-Kafirun dan Al-Maidah
·
Menghapal QSAl-Kafirun dan Al-Maidah
Observasi
Mengamati Pelaksanaan
hapalan siswa dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
Judul materi
·
Kemampuan menghapal terdiri komponen:
lancar-sedang- tidak lancar
Portofolio
Membuat laporan tentang
kandungan Qs Al-Kafirun dan Al-Maidah
Tes
Kemampuan kognitif dengan
bentuk soal tes pilihan ganda dan essay
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Al Quran dan terjemahnya
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.4 Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2
|
Perilaku
toleran dan simpati
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang perilaku toleran dan simpati
· Mengamati gambar tentang perilaku toleran dan simpati
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku toleran dan simpati
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang perilaku
toleran dan simpati
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang perilaku
toleran dan simpati
Asosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang perilaku
toleran dan simpati
·
Menguhubungkan pelajaran tentang perilaku toleran dan simpati dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku
toleran dan simpati
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku
toleran dan simpati
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh perilaku toleran dan simpati
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian perilaku toleran dan simpati
-
perilaku toleran dan simpati
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang perilaku toleran dan simpati
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian perilaku toleran dan simpati
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
perilaku toleran dan simpati
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls VI SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.5 Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai
implementasi dari pemahaman rukun Iman
|
Qadha dan
qadar
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang contoh qadha dan qadar
· Mengamati gambar tentang contoh qadha dan qadar
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang contoh qadha dan qadar
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang contoh
qadha dan qadar
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang contoh
qadha dan qadar
Asosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang contoh
qadha dan qadar
·
Menguhubungkan pelajaran tentang contoh qadha dan qadar dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang contoh
qadha dan qadar
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang contoh
qadha dan qadar
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh contoh qadha dan qadar
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian contoh qadha dan qadar
-
contoh qadha dan qadar
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang contoh qadha dan qadar
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian contoh qadha dan qadar
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
contoh qadha dan qadar
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls VI SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.6 Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari
pemahaman Q.S. Al Hujurat (49): 12
|
Sikap
berbaik sangka kepada sesama
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang sikap berbaik sangka kepada
sesama
· Mengamati gambar tentang sikap berbaik sangka kepada sesama
Menanya
·
Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap berbaik sangka kepada sesama
·
Mengajukan pertanyaan tentang tentang sikap
berbaik sangka kepada sesama
Eksperimen/explore
·
Secara kelompok kecil mendiskusikan tentang sikap
berbaik sangka kepada sesama
Asosiasi
·
Membuat catatan hasil diskusi kelompok tentang sikap
berbaik sangka kepada sesama
·
Menguhubungkan pelajaran tentang sikap berbaik sangka kepada
sesama dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap
berbaik sangka kepada sesama
·
Menyampaikan hasil pengamatan tentang sikap
berbaik sangka kepada sesama
·
Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru
|
Tugas
·
Membuat
contoh-contoh sikap berbaik sangka kepada sesama
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
terkait dengan
-
Mendiskusikan pengertian sikap berbaik sangka kepada
sesama
-
sikap berbaik sangka kepada
sesama
·
sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok
Portofolio
·
Membuat catatan tentang sikap berbaik sangka kepada sesama
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·
Pengertian sikap berbaik sangka kepada sesama
Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·
sikap berbaik sangka kepada
sesama
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti Kls VI SD
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
4.7 Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman
Q.S. Al-Hujurat (49): 13
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
|
Asmaul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
|
Mengamati
·
Membaca buku teks tentang Asma ul
Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
·
Menonton film/video tentang Asma
ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
·
Menyebutkan arti Asma ul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
Menanya
·
Memotivasi siswa
bertanya, misalnya : mengapa Allah menghidupkan manusia dan Allah pula yang
mematikan?
·
Bagaimana jika Allah lebih dari
Satu?
Eksperimen/explore
·
Diskusi tentang arti Asma ul
Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi secara klasikal atau
individual
·
Menujukkan bukti akan Asma ul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi dalam kehidupan sehari-hari.
Asosiasi
·
Menganalisis bukti Asma ul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menyimpulkan bukti Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir,
Al-Muqadim, al-Baqi dalam kehidupan sehari-hari.
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang arti Asma ul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqisecara
kelompok
·
Menanggapi hasil presentasi atau
diskusi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan
dibimbing guru
|
Tugas
Berpasangan
menyebutkan arti Asma ul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
Portofolio
Membuat
laporan tentang bukti Asma ul Husna: Ash-Shamad,
Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi
Tes
Kemampuan
kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda dan
essay
|
4 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku Pengayaan Asmaul Husna
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.3 Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku
akhlak mulia
|
Hikmah beriman kepada hari
akhir
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang
hikmah beriman kepada hari akhir secara klasikal atau individual
Menanya
·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah beriman kepada hari akhir ?
·
Berikan contoh prilaku yang
mencerminkan iman
kepada hari akhir!
Eksperimen/explore
·
Diskusi tentang hikmah beriman pada hari
akhir
·
Menganalisis sikap yang mencerminkan iman
kepada hari akhir
Asosiasi
·
Mengidentifikasi hikmah-hikmah beriman pada
hari akhir
·
Menyimpulkan hasil identifikasi (hikmah pada
hari akhir)
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah pada
hari akhir
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing
|
Portofolio
Membuat laporan
tentang perilaku yang mencerminkan
hikmah beriman kepada hari akhir
Tes
Kemampuan kognitif dengan
bentuk soal tes pilihan gandadan essay
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.4 Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk
perilaku akhlak mulia
|
Hikmah beriman kepada hari
akhir
|
Mengamati
·
Menyimak penjelasan tentang hikmah
beriman kepada Qadha dan Qadar secara klasikal atau individual
Menanya
·
Memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar?
·
Berikan contoh prilaku yang
mencerminkanberiman kepada Qadha dan Qadar!
Eksperimen/explore
·
Diskusi tentang hikmah
beriman kepada Qadha dan Qadar
·
Menganalisis sikap yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar
Asosiasi
·
Mengidentifikasi hikmah-hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar
·
Menyimpulkan hasil identifikasi (hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar)
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi tentang beriman kepada Qadha dan Qadar
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing
|
Portofolio
Membuat laporan
tentang perilaku yang mencerminkan
hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar
Tes
Kemampuan kognitif dengan
bentuk soal tes pilihan ganda dan essay
|
2 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.5 Memahami hikmah zakat , infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun
Islam
|
Hikmah zakat, infaq dan
sedekah
|
Mengamati
·
Menyimak hikmah zakat, infaq dan
sedekah
secara klasikal atau individual
Menanya
·
memotivasi siswa bertanya, misalnya : Apa hikmah
zakat, infaq dan sedekah?
Eksperimen/explore
·
Diskusi tentang hikmah zakat,
infaq dan sedekah
Asosiasi
·
Mengidentifikasi hikmah- puasa Ramadhan dalam
membentuk akhlak mulia
·
Menyimpulkan hasil identifikasipuasa Ramadhan
Komunikasi
·
Menyampaikan hasil diskusi
tentang hikmah zakat, infaq dan sedekah dan pembentukan aklak mulia
·
Menanggapi hasil presentasi atau diskusi
(melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
·
Membuat resume dibantu dan dibimbing guru
|
Portofolio
Membuat
laporan tentang hikmah zakat, infaq
dan sedekah
Tes
Kemampuan
kognitif dengan bentuk soal tes pilihan ganda dan
essay
|
1 x 4 jam pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku Pedoman Puasa Ramashan
· Poster tulisan
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.6 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
4.8
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yunus a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Yunus a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Yunus
a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Yunus a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Yunus a.s.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Yunus a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Yunus a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Yunus
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Yunus a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Yunus a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Yunus a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Yunus a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Yunus a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Yunusa.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Yunus a.s.
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.7 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
4.9 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Zakariya a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Zakariya
a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Zakariya a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Zakariya a.s.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Zakariya
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Zakariya a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Zakariya a.s.
secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Zakariya
a.s. secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Zakariya a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Zakariya a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Zakariya a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Zakariya a.s.
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.8 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
4.10
Menceritakan kisah keteladanan
Nabi Yahya a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Yahya a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Yahya
a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Yahya a.s. baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Yahya a.s.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Yahya a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Yahya a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Yahya
a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Yahya a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Yahya a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Yahya a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Yahya a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Yahya a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Yahya a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Yahya a.s.
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.9 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
4.11
Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa
a.s.
|
Kisah
Keteladanan Nabi Isa a.s.
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Isa
a.s. secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Isa a.s. baik secara klasikal
atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Isa a.s.
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Isa a.s. baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Isa a.s.
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Isa a.s. secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Isa a.s. secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Isa a.s.
secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Isa a.s.
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Isa a.s.
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Isa a.s.
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Isa a.s.
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.10 Mengetahui kisah Nabi Muhammad saw
4.12 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
|
Kisah
Keteladanan Nabi Muhammad saw
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Muhammad
saw secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Muhammad saw baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Muhammad saw
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Muhammad saw secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Muhammad saw secara
kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Muhammad
saw secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Muhammad saw
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Muhammad saw
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Muhammad saw
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Muhammad saw
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.11 Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
4.13 Menceritakan kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
|
Kisah
Keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Sahabat-sahabat
Nabi Muhammad saw secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad
saw baik secara klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw baik secara
klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Sahabat-sahabat
Nabi Muhammad saw
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw secara individu maupun perwakilan
kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Sahabat-sahabat
Nabi Muhammad saw secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Sahabat-sahabat
Nabi Muhammad saw secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad
saw
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Sahabat-sahabat Nabi
Muhammad saw
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
3.12 Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam
Al-Quran
4.14 Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam
Al-Qur’an
|
Kisah
Keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
|
Mengamati
· Menyimak kisah keteladanan nabi Ashabul
Kahfi secara klasikal maupun individual.
· Mengamati gambar contoh keteladanan Nabi Ashabul Kahfi baik secara
klasikal atau individual
Menanya
· Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kisah
keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
· Mengajukan pertanyaan, misalnya Siapakah manusia pertama yang Allah
ciptakan?
Eksperimen/Explore
·
Mendiskusikan isi gambar
tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi baik secara klasikal maupun kelompok
Asosiasi
· Membuat rumusan hasil diskusi
tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
· Mengidentifikasi perilaku terpuji dari kisah keteladanan Nabi Ashabul
Kahfi
Komunikasi
· Menyampaikan kisah singkat tentang peristiwa penting dan sikap terpuji
Nabi Ashabul Kahfi secara individu maupun perwakilan kelompok
· Menyampaikan hasil diskusi tentang keteladanan Nabi Ashabul Kahfi
secara kelompok
· Menyimpulkan hasil diskusi kelompok tentang keteladanan Nabi Ashabul
Kahfi secara individual atau kelompok
· Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonfirmasi, menyanggah)
· Membuat kesimpulan dibantu dan dibimbing guru
|
Tugas
· Mengisi rubrik tentang keteladanan nabi Ashabul Kahfi
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar
observasiterkait dengan
· menceritakan isi gambar tentang keteladanan nabi Ashabul Kahfi
· sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap
pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok
Portofolio
·
Membuat paparan tentang
keteladanan nabi Ashabul Kahfi
Tes
· Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal isian singkat
· Tes dalam bentuk lisan dengan menceritakan isi gambar tentang
keteladanan nabi Ashabul Kahfi
|
2 x 4jam
pelajaran
|
· Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VI SD
· Buku Kisah Ashabul Kahfi
· Gambar/ Poster
· Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
|
Comments
Post a Comment