Skip to main content

SILABUS PAI K13 KELAS III

SILABUS PAI K 13 KELAS III

MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan :   SD
Kelas                       :   III (tiga)
Kompetensi Inti      :

KI 1   :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
KI 3   :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4   :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 3
1.2   Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
1.3   Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar






2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23
2.3  Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.4  Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
2.5  Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
2.6  Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.7  Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
2.8  Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An‘am ayat 132






3.1  Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.

4.1  Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta





Allah Swt Esa Pencipta alam semesta
Mengamati
·      Menyimak Q.S Al Ikhlas tentang keesaan Allah SWT
·    Mengamati diri dan makhluk ciptaan Allah yang ada di sekitar rumah dan sekolah
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah SWT sebagai Pencipta manusia dan alam semesta.
·      Mengajukan pertanyaan tentang awal penciptaan manusia (diri) dan alam sekitar

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan Allah adalah Esa, Pencipta manusia dan alam semesta.

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang pengamatan terhadap diri dan alam semesta di sekitar rumah dan sekolah
·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi dengan sikap manusia terhadap Allah SWT, diri dan alam sekitar dalam perilaku sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang Keesaan Allah, diri, dan alam semesta.
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengenalan Allah dan pengamatan terhadap diri dan alam semesta
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada di sekitar rumah dan sekolah

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      Keesaan Allah dalam Q.S al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan Keesaan Allah, peenciptaan mansia dan alam sekitar

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - arti  Q.S Al Ikhlas terkait dengan
Keesaan AllahPenciptaan diri manusia, dan alam semesta

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster manusia dan alam semesta
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.2  Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

4.2   Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ dan maknanya





Makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘



Mengamati
·        Menyimak makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·        Mengamati lafal dan  arti Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang lafal dan  arti Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

·        Mengajukan pertanyaan tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang    makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi sifat Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ Allah SWT dengan sikap manusia dalam perilaku sehari-hari

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·        Menyampaikan hasil belajar tentang lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·     Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·        Melakukan pengamatan terhadap lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
-        sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·        Membuat  catatan  dari hasil diskusi terkait dengan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

Tes tertulis
·        Tes dalam bentuk tulisan tentang:  -  makna Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘




4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.3  Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

4.3  Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi hadits



Hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
Mengamati
·      Menyimak hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·    Mengamati ciri-ciri perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang isi hadits mengenai  perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·      Mengajukan pertanyaan tentang iri-ciri perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan isi  hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap dan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada di sekitar rumah dan sekolah

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      Keesaan Allah dalam Q.S al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentanghadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video


3.4      Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

4.4.1 Menunjukkan contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

4.4.2 Mempraktikkan tata cara shalat yang baik dan benar




Makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
Mengamati
·      Menyimak Q.S al-Kautsarsecara individu/pasangan.
·      Mengamati makna Q.S al-Kautsar secara pasangan atau kelompok
·      Mengaamati tata cara shalat baik bacaan dan gerakan yang baik dan benar

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara shalat yang baik dan benar

Eksperimen/explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan maknaQ.S al-Kautsar
·      Secara individu memperagakan tata cara shalat yang baik dan benar

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang Q.S. al-Kautsar hubungannya dengan ibadah shalat
·      Menguhubungkan pengetahuan tentangtata cara shalat yang baik dan benar dengan ibadah shalat yang dilakukan sehari-hari


Komunikasi
·      Menyampaikan hasil belajar tentang makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
·      Menyampaikan hasil belajar tentangtata cara shalat yang baik dan benar  dengan ibadah shalat yang dilakukan sehari-hari
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap Q.S. al-Kautsar terkait dengan ibadah shalat
·    Melakukan pengamatan terhadap tata cara shalat yang baik dan benar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Sikap dalam diskusi materiQ.S. al-Kautsar hubungannya dengan ibadah shalat
-        Sikap dalam diskusi tentangtata cara shalat yang baik dan benar

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan makna ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S al-Kautsar

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - makna ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S al-Kautsar
Non tes

-        Praktiktata cara shalat yang baik dan benar

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku Pedoman Salat
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.5  Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat

4.5  Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar



Makna zikir dan doa setelah shalat

Mengamati
·    Menyimak makna zikir dan doa setelah shalat
·    Mengamati tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar

Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang  zikir dan doa setelah shalat
·      Mengajukan pertanyaan tentangtata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan makna zikir dan doa setelah shalat sertab tata caranya

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna zikir dan doa setelah shalat
·      Menguhubungkan pelajaran tentang makna zikir dan doa setelah shalat dengan tata cara berzikir dan berdoa sehari-hari

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang makna zikir dan doa setelah shalat
·       Menyampaikan hasil pengamatan tentang praktik berzikir dan berdoasehari-hari
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat yang baik dan benar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Sikap dalam diskusi materi makna zikir dan doa setelah shalat
-        Sikap dalam mempraktikkan  tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan makna zikir dan doa setelah shalat

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - makna zikir dan doa setelah shalat

Non tes

Praktiktata cara berzikir dan berdoasetelah shalat dengan baik dan benar

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku Pedoman Salat
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.6   Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah

4.6   Menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah shalat di rumah dan sekolah


Hikmah ibadah shalat
Mengamati
·    Menyimak penjelasan  hikmah ibadah shalat
·    Mencermati cerita pengalaman shalat  di rumah dan sekolah

Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang  hikmah ibadah shalat  seperti apa yang dialami atau dirasakan ketika melakukan shalat
·      Mengajukan pertanyaan tentang tata cara shalat yangbaik dan benar

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah,  sekolah, dan di tempat lain

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang hikmah ibadah shalat
·      Menguhubungkan pengalaman pengamalan ibadah shalat dengan kondisi tertentu seperti di rumah, sekolah, atau tempat lain

Komunikasi
·    Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah ibadah shalat
·       Menyampaikan hasil pengamatan dan pengalaman melakukan ibadah shalat di berbagai tempat
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Membuat cerita tentang pengalaman ibadah shalat di rumah, sekolah, dan tempat lain

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-   Sikap dalam diskusi materi hikmah ibadah shalat
-   Sikap dalam menyampaikan dan mendengarkan cerita pengalaman ibadah shalatdiberbagai tempat

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan hikmah ibadah shalat di berbagai pengalaman dan tempat

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  -hikmah ibadah shalat


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku Pedoman Salat
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.7     Mengetahui kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan benar

4.7.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar

4.7.2 Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar

4.7.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar


Kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
Mengamati
·      Mengamati kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar secara individu/pasangan/klasikal.
·      Mengamati bentuk huruf dalam kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsarindividu/kelompok/klasikal
·      Mengamati hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Mengajukan pertanyaan terkait bacaan, tulisan dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Eksperimen/explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan tentang bacaan dan cara menuliskalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Menguhubungkan penguasaan tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
dengan yang diparaktikkan  sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil belajar tentang membaca, menulis dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Menghafal Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  tulisan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - Menulis kalimat-kalimat Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Non tes
·        Membaca
·        Hafalan

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster kalimat-kalimat al-Quran surah An-Nashr dan Al-Kautsar
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video



3.8     Mengetahui perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

4.8     Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah


Tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
Mengamati
·      Menyimak makna sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
·    Mengamati makna  Tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
·      Mengajukan pertanyaan tentang makna  Tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikaptawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap dan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
-        Perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·       Membuat  catatan tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·     Pengertian Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.9  Memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

4.9  Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

Sikap peduli terhadap sesama
Mengamati
·      Menyimak makna  Q.S. Al-Kautsar.
·      Menyimak makna  peduli terhadap sesama
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikappeduli terhadap sesama

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan makna peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap peduli sesama dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap peduli sesama
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap peduli sesama
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·        Mendiskusikan pengertian sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·        Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan tentang perilaku sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·      Pengertian sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·     Sikap peduli sesama


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.10   Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

4.10  Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Sikap bersyukur
Mengamati
·        Menyimak makna  Q.S. Ibrahim ayat 7
·        Menyimak makna  bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·        Mengamti contoh sikap syukur

Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentangsikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

·        Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan makna sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap syukur dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap syukur
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap syukur
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·        Membuat contoh-contoh sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·      Mendiskusikan pengertian sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·        Membuat  catatan tentang perilaku  syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·        Pengertian sikap sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·     Sikap syukur

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.11   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s

4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.

Kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·       Mengamati isi kisah Nabi Yusuf a.s yang perlu  diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Yusuf a.s
·        Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Yusuf a.s yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s (mengidentifikasi).

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·        Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladananNabi Yusuf a.s  dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·        Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Yusuf a.s
·        Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·        Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s


Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·   Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·   Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·   Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Yusuf a.s


Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·       Contoh-contoh sikap keteladanan Nabi Yusuf a.s

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·     Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Yusuf a.s


2 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.

4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.


Kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.
Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·       Mengamati isi kisah Nabi Syu‘aib a.syang perlu  diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Syu‘aib a.s 
·       Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikapNabi Syu‘aib a.s yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·       Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s (mengidentifikasi).

Asosiasi
·       Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·       Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari 

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Syu‘aib a.s
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·        Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·      Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Syu‘aib a.s

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Contoh-contoh sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·  Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)

4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.


Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·       Mengamati isi kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. 
·       Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·       Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.  (mengidentifikasi).

Asosiasi
·       Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·       Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.  dengan perilaku warga sekolah sehari-hari 

Komunikasi
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·       Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. 
·       Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·        Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·      Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·      Contoh-contoh sikap keteladananNabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      Yang mencerminkan sikap keteladanan rela berkorban Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video







3.14Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw

4.14Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
Sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw

Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw tentang sikap percaya diri dan kemandirian
·       Mencermati sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Muhammad saw
·       Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikappercaya diri dan kemandirian Nabi Muhammad saw.

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw(mengidentifikasi).

Asosiasi
·    Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw tentang percaya diri dan kemandirian dengan perilaku warga sekolah sehari-hari 

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Muhammad saw
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·       Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw terkait dengan sikap percaya diri dan kemandirian

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·       Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·       Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·       Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Muhammad saw

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·       Contoh-contoh sikap keteladananNabi Muhammad saw

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·     Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Muhammad saw

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video









 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

Satuan Pendidikan :   SD
Kelas                       :   III (tiga)
Kompetensi Inti      :

KI 1   :   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2   :   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tatangganya
KI 3   :   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
KI 4   :   Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1   Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 3
1.2   Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
1.3   Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar






2.1  Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135
2.2  Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23
2.3  Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
2.4  Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
2.5  Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
2.6  Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah
2.7  Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
2.8  Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An‘am ayat 132






3.1  Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.

4.1  Melakukan pengamatan terhadap diri dan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah sebagai implementasi iman terhadap keesaan Allah Yang Maha Pencipta





Allah Swt Esa Pencipta alam semesta
Mengamati
·      Menyimak Q.S Al Ikhlas tentang keesaan Allah SWT
·    Mengamati diri dan makhluk ciptaan Allah yang ada di sekitar rumah dan sekolah
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang Allah SWT sebagai Pencipta manusia dan alam semesta.
·      Mengajukan pertanyaan tentang awal penciptaan manusia (diri) dan alam sekitar

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan Allah adalah Esa, Pencipta manusia dan alam semesta.

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang pengamatan terhadap diri dan alam semesta di sekitar rumah dan sekolah
·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi dengan sikap manusia terhadap Allah SWT, diri dan alam sekitar dalam perilaku sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang Keesaan Allah, diri, dan alam semesta.
·      Menyampaikan hasil belajar tentang pengenalan Allah dan pengamatan terhadap diri dan alam semesta
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada di sekitar rumah dan sekolah

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      Keesaan Allah dalam Q.S al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan Keesaan Allah, peenciptaan mansia dan alam sekitar

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - arti  Q.S Al Ikhlas terkait dengan
Keesaan AllahPenciptaan diri manusia, dan alam semesta

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster manusia dan alam semesta
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.2  Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

4.2   Membaca Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ dan maknanya





Makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘



Mengamati
·        Menyimak makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·        Mengamati lafal dan  arti Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang lafal dan  arti Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

·        Mengajukan pertanyaan tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang    makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

·      Menguhubungkan tentang isi hasil diskusi sifat Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘ Allah SWT dengan sikap manusia dalam perilaku sehari-hari

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·        Menyampaikan hasil belajar tentang lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
·     Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·        Melakukan pengamatan terhadap lafal dan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘
-        sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·        Membuat  catatan  dari hasil diskusi terkait dengan makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘

Tes tertulis
·        Tes dalam bentuk tulisan tentang:  -  makna Al-Wahhab, Al-‘Alim, As-Sami‘




4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster Asmaul Husna
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.3  Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

4.3  Mencontohkan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab sebagai implementasi hadits



Hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
Mengamati
·      Menyimak hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·    Mengamati ciri-ciri perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang isi hadits mengenai  perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·      Mengajukan pertanyaan tentang iri-ciri perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan isi  hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab.

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap dan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap ciptaan Allah SWT yaitu diri dan alam semesta yang ada di sekitar rumah dan sekolah

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·      Keesaan Allah dalam Q.S al-Ikhlas, penciptaan manusia dan alam sekitar
·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentanghadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video


3.4      Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

4.4.1 Menunjukkan contoh makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar

4.4.2 Mempraktikkan tata cara shalat yang baik dan benar




Makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
Mengamati
·      Menyimak Q.S al-Kautsarsecara individu/pasangan.
·      Mengamati makna Q.S al-Kautsar secara pasangan atau kelompok
·      Mengaamati tata cara shalat baik bacaan dan gerakan yang baik dan benar

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
·      Mengajukan pertanyaan terkait dengan tata cara shalat yang baik dan benar

Eksperimen/explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan maknaQ.S al-Kautsar
·      Secara individu memperagakan tata cara shalat yang baik dan benar

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang Q.S. al-Kautsar hubungannya dengan ibadah shalat
·      Menguhubungkan pengetahuan tentangtata cara shalat yang baik dan benar dengan ibadah shalat yang dilakukan sehari-hari


Komunikasi
·      Menyampaikan hasil belajar tentang makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar
·      Menyampaikan hasil belajar tentangtata cara shalat yang baik dan benar  dengan ibadah shalat yang dilakukan sehari-hari
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap Q.S. al-Kautsar terkait dengan ibadah shalat
·    Melakukan pengamatan terhadap tata cara shalat yang baik dan benar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Sikap dalam diskusi materiQ.S. al-Kautsar hubungannya dengan ibadah shalat
-        Sikap dalam diskusi tentangtata cara shalat yang baik dan benar

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan makna ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S al-Kautsar

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - makna ibadah shalat sebagai implementasi dari Q.S al-Kautsar
Non tes

-        Praktiktata cara shalat yang baik dan benar

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku Pedoman Salat
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.5  Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat

4.5  Mempraktikkan tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar



Makna zikir dan doa setelah shalat

Mengamati
·    Menyimak makna zikir dan doa setelah shalat
·    Mengamati tata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar

Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang  zikir dan doa setelah shalat
·      Mengajukan pertanyaan tentangtata cara zikir dan doa setelah shalat secara benar

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan makna zikir dan doa setelah shalat sertab tata caranya

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang makna zikir dan doa setelah shalat
·      Menguhubungkan pelajaran tentang makna zikir dan doa setelah shalat dengan tata cara berzikir dan berdoa sehari-hari

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang makna zikir dan doa setelah shalat
·       Menyampaikan hasil pengamatan tentang praktik berzikir dan berdoasehari-hari
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Melakukan pengamatan terhadap tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat yang baik dan benar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Sikap dalam diskusi materi makna zikir dan doa setelah shalat
-        Sikap dalam mempraktikkan  tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan makna zikir dan doa setelah shalat

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - makna zikir dan doa setelah shalat

Non tes

Praktiktata cara berzikir dan berdoasetelah shalat dengan baik dan benar

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku Pedoman Salat
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.6   Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah

4.6   Menceritakan pengalaman pelaksanaan ibadah shalat di rumah dan sekolah


Hikmah ibadah shalat
Mengamati
·    Menyimak penjelasan  hikmah ibadah shalat
·    Mencermati cerita pengalaman shalat  di rumah dan sekolah

Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang  hikmah ibadah shalat  seperti apa yang dialami atau dirasakan ketika melakukan shalat
·      Mengajukan pertanyaan tentang tata cara shalat yangbaik dan benar

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah,  sekolah, dan di tempat lain

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang hikmah ibadah shalat
·      Menguhubungkan pengalaman pengamalan ibadah shalat dengan kondisi tertentu seperti di rumah, sekolah, atau tempat lain

Komunikasi
·    Menyampaikan hasil diskusi tentang hikmah ibadah shalat
·       Menyampaikan hasil pengamatan dan pengalaman melakukan ibadah shalat di berbagai tempat
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·    Membuat cerita tentang pengalaman ibadah shalat di rumah, sekolah, dan tempat lain

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-   Sikap dalam diskusi materi hikmah ibadah shalat
-   Sikap dalam menyampaikan dan mendengarkan cerita pengalaman ibadah shalatdiberbagai tempat

Portofolio
·      Membuat  catatan dari hasil diskusi terkait dengan hikmah ibadah shalat di berbagai pengalaman dan tempat

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  -hikmah ibadah shalat


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku Pedoman Salat
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.7     Mengetahui kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan benar

4.7.1 Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar

4.7.2 Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar

4.7.3 Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar dengan lancar


Kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
Mengamati
·      Mengamati kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar secara individu/pasangan/klasikal.
·      Mengamati bentuk huruf dalam kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsarindividu/kelompok/klasikal
·      Mengamati hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Mengajukan pertanyaan terkait bacaan, tulisan dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Eksperimen/explore
·      Secara berkelompok mendiskusikan tentang bacaan dan cara menuliskalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Menguhubungkan penguasaan tentang bacaan, tulisan, dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
dengan yang diparaktikkan  sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil belajar tentang membaca, menulis dan hafalan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membaca kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar
·      Menghafal Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan kalimat-kalimat dalam Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  tulisan Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Tes tertulis
·      Tes dalam bentuk tulisan tentang:  - Menulis kalimat-kalimat Q.S. An-Nashr dan Al-Kautsar

Non tes
·        Membaca
·        Hafalan

4 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran al-Quran
·  Gambar/ Poster kalimat-kalimat al-Quran surah An-Nashr dan Al-Kautsar
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video



3.8     Mengetahui perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

4.8     Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah


Tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
Mengamati
·      Menyimak makna sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
·    Mengamati makna  Tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
·      Mengajukan pertanyaan tentang makna  Tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikaptawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan dengan sikap dan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap dan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
-        Mendiskusikan pengertian sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
-        Perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan

·      sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·       Membuat  catatan tentang perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah
Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Pengertian tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan
·     Pengertian Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.9  Memahami sikap peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

4.9  Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

Sikap peduli terhadap sesama
Mengamati
·      Menyimak makna  Q.S. Al-Kautsar.
·      Menyimak makna  peduli terhadap sesama
Menanya
·      Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang makna peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·      Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikappeduli terhadap sesama

Eksperimen/explore
·      Secara kelompok kecil mendiskusikan makna peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

Asosiasi
·      Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar.

·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap peduli sesama dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap peduli sesama
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap peduli sesama
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·      Membuat contoh-contoh sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan
·        Mendiskusikan pengertian sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar
·        Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan tentang perilaku sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·      Pengertian sikap peduli sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kautsar

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·     Sikap peduli sesama


2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.10   Memahami sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

4.10  Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Sikap bersyukur
Mengamati
·        Menyimak makna  Q.S. Ibrahim ayat 7
·        Menyimak makna  bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·        Mengamti contoh sikap syukur

Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentangsikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

·        Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan makna sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap syukur dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang sikap syukur
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap syukur
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·        Membuat contoh-contoh sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·      Mendiskusikan pengertian sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·        Membuat  catatan tentang perilaku  syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·        Pengertian sikap sikap syukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7


Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·     Sikap syukur

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Gambar/ Poster
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.11   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s

4.11   Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.

Kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·       Mengamati isi kisah Nabi Yusuf a.s yang perlu  diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·        Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Yusuf a.s
·        Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Yusuf a.s yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s (mengidentifikasi).

Asosiasi
·        Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·        Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladananNabi Yusuf a.s  dengan perilaku warga sekolah sehari-hari

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·        Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Yusuf a.s
·        Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·        Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s


Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·   Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s
·   Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·   Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Yusuf a.s


Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·       Contoh-contoh sikap keteladanan Nabi Yusuf a.s

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·     Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Yusuf a.s


2 x 4 jam pelajaran

·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
3.12   Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.

4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu’aib a.s.


Kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s.
Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·       Mengamati isi kisah Nabi Syu‘aib a.syang perlu  diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Syu‘aib a.s 
·       Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contohsikapNabi Syu‘aib a.s yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·       Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s (mengidentifikasi).

Asosiasi
·       Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·       Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s   dengan perilaku warga sekolah sehari-hari 

Komunikasi
·      Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Syu‘aib a.s
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·        Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·      Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Syu‘aib a.s
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Syu‘aib a.s

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·     Contoh-contoh sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·  Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Syu‘aib a.s

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

3.13 Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua)

4.13 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.


Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·       Mengamati isi kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang perlu  diteladani (diimplementasikan).

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. 
·       Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikap Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yang hendak diteladani.

Eksperimen/explore
·       Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.  (mengidentifikasi).

Asosiasi
·       Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·       Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.  dengan perilaku warga sekolah sehari-hari 

Komunikasi
·       Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·       Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. 
·       Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru


Tugas
·        Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·      Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
·      Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·      Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·      Contoh-contoh sikap keteladananNabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·      Yang mencerminkan sikap keteladanan rela berkorban Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video







3.14Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw

4.14Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
Sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw

Mengamati
·       Menyimak kisah keteladanan Nabi Muhammad saw tentang sikap percaya diri dan kemandirian
·       Mencermati sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan Nabi Muhammad saw

Menanya
·       Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan tentang apa saja sikap teladan Nabi Muhammad saw
·       Mengajukan pertanyaan tentang contoh-contoh sikappercaya diri dan kemandirian Nabi Muhammad saw.

Eksperimen/explore
·        Secara kelompok kecil mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw(mengidentifikasi).

Asosiasi
·    Membuat catata hasil diskusi kelompok tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·      Menguhubungkan pelajaran tentang sikap keteladanan Nabi Muhammad saw tentang percaya diri dan kemandirian dengan perilaku warga sekolah sehari-hari 

Komunikasi
·        Menyampaikan hasil diskusi tentang kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·      Menyampaikan hasil pengamatan tentang perilaku warga sekolah sehari-hari  terkait dengan sikap teladan Nabi Muhammad saw
·      Membuat kesimpulan dengan bimbingan guru

Tugas
·       Membuat ringkasan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw terkait dengan sikap percaya diri dan kemandirian

Observasi
·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi terkait dengan;
·       Mendiskusikan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw
·       Sikap yang ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi atau kerja individu/pasangan/ kelompok

Portofolio
·       Membuat  catatan tentang sikap keteladanan yang terdapat di dalam kisah Nabi Muhammad saw

Tes tertulis
Tes dalam bentuk tulisan tentang:
·       Contoh-contoh sikap keteladananNabi Muhammad saw

Non tes
Pengamatan tentang perilaku:
·     Yang mencerminkan sikap keteladanan Nabi Muhammad saw

2 x 4 jam pelajaran
·  Buku PAI dan Budi Pekerti Kls III SD
·  Buku pelajaran kisa-kisah 25 Nabi dan Rasul
·  Gambar/ Poster sikap-sikap terpuji
·  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video



































Comments

Popular posts from this blog

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN

SOAL TOEFL BAHASA INGGRIS DAN KUNCI JAWABAN BESERTA PEMBAHASAN Directions : Question 1-15 are incomplete sentences. Beneath each sentence you will see for words or phrases, marked (A), (B), (C) and (D). You are to choose one word or phrase that best complete the sentence. Example I The swimming instructor came... if the apartment was still available. A. to see B. seeing C. saw D. for seeing The sentence should be read "The swimming instructor came  to see  if the apartment was still available." Therefore, you should choose  A . Now begin work on the questions. 1. The committee has met twice and ....     A. they reached a final decision     B. a final decision was reached     C. its decision was reached     D. it has reached a final decision 2. The manager won't be able to attend the shareholders' meeting tomorrow because....     A. he must to give a lecture     B. ...

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA

PULAU SEBAYUR, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA/ SEBAYUR ISLAND, LABUAN BAJO, FLORES INDONESIA Alam bawah laut wilayah timur Indonesia memang dikenal masih belum tercemar sehingga biota laut baik flora maupun faunanya masih hidup alamiah di habitatnya. Flores merupakan wilayah Indonesia Timur yang lebih mudah dijangkau karena berdekatan dengan wilayah Indonesia Tengah, yaitu Sumbawa. Popularitas Kekayaan dan keindahan bawah laut Flores pun semakin meningkat seiring dengan naiknya jumlah wisatawan yang datang ke Flores untuk pergi ke P. Komodo. Selain untuk eksplorasi melihat hewan purba tersebut, pastinya para wisatawan datang untuk menikmati kaya nya flora dan fauna di sekitar Laut Flores. Di beberapa pulau kecil yang ada di sekitar Labuan Bajo kini sebagian sudah dibuka untuk umum sebagai resort yang jumlah kamarnya kurang dari 20 rata-rata per pulau sehingga keeksklusivitasan dan privacy setiap pengunjung yang datang akan sangat terjaga. Sebagian pulau tersebut...

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA

DAFTAR HOTEL DAN NOMOR TELEPON DI BATAM, RIAU / THE HOTELS AND PHONE NUMBERS IN BATAM, RIAU INDONESIA Kota Batam merupakan Kota Industri dan juga Kota Wisata, untuk menunjang aktivitas para pengusaha serta wisatawan dari daerah lain maupun dari mancanegara, kenyamanan akomodasi merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Hotel-hotel yang berbintang 3 dan 4 dengan kualitas layanan yang memuaskan banyak terdapat di Kota Batam. Sebagai pengetahuan, yang dimaksud dengan Hotel berbintang 3 adalah Hotel yang memiliki minimal 30 kamar, 3 suite room dan restoran sedangkan Hotel berbintang 4 adalah Hotel yang memiliki minimal 50 kamar, 4 suite room, restoran, kolam renang serta fasilitas lainnya seperti tempat Gyms dan Ballroom untuk pesta.Dan tentunya Pelayanan yang berkualitas tinggi merupakan penilaian penting terhadap penentuan rangking Bintang yang dimiliki oleh sebuah Hotel. Berikut ini adalah Daftar Alam...